Rabu, 27 Mar 2019 18:19 WIB

Kesan Pertama Glory 560, SUV Pesaing Si Kembar Rush-Terios

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Glory 560 Foto: Pradita Utama Glory 560 Foto: Pradita Utama
Jakarta - Produsen China DFSK memperlihatkan sebuah mobil SUV yang ditawarkan pada masyarakat Indonesia. DFSK enggan menyebut jelas kompetitornya tapi dari spek yang ditawarkan mobil membidik si kembar Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Meski belum memberikan kesempatan detikcom berada di balik kemudi, kesan pertama pada mobil ini sedikit sudah bisa kami laporkan. Mobil diyakini akan menjadi lumbung penjualan DFSK tahun ini, lebih tinggi dari kakaknya, Glory 580 yang sudah hadir lebih dulu di Indonesia.



Merek mobil asal Wuhan, China ini begitu yakin dengan SUV karena mereka melihat tren penjualan yang terus positif. Mobil-mobil SUV makin diminati masyarakat Indonesia. Mobil SUV dianggap lebih nyaman berkendara, memiliki teknologi tinggi. Selain fungsional, masyarakat juga suka mobil yang lebih gagah.

Yuk mari kita langsung kupas berbagai fitur mobil.

1. Eksterior Glory 560

Glory 560Glory 560 Foto: Pradita Utama


DFSK mendesain mobil Glory 560 dengan gaya Eropa. Malah sekilas bagian belakangnya kita akan sedikit memikirkan sebuah SUV buatan Inggris. Terlihat gagah. Secara keseluruhan DFSK menyebut bahasa desainnya berbeda dengan Glory 580. Mobil ini menggunakan desain yang lebih berotot dan maskulin.

Glory 560Glory 560 Foto: Pradita Utama


Grillenya berbentuk sayap yang dihiasi dengan krom, lampu utama model hawk-eye yang dilengkapi dengan LED Daytime Running Light. Sementara di atas mobil ada roof rail untuk memperkuat citra sporty, shark fin antena. Sementara di kaki-kaki dipercantik dengan pelek alloy dual tone berukuran 17 inci.

Glory 560Glory 560 Foto: Pradita Utama


Glory 560 memiliki ukuran compact dengan dimensi 4.515 x 1.815 x 1.735 (PxLxT).

Glory 560Glory 560 Foto: Pradita Utama


2. Interior Glory 560

Saat pintu Glory 560 dibuka, kita bisa melihat bagian dalam mobil yang diberikan sentuhan 'mewah'. Menyentuh dasbor dan trim mobil, Anda mungkin akan merasakan sensasi mobil mewah. Joknya sudah jok kulit yang terasa sangat lembut. Jok diberi sentuhan jahitan benang merah yang memperkuat kesan sporty. Jok pun sudah didesain sedemikan rupa sehingga saat perjalanan dalam waktu lama punggung tidak akan terlalu sakit.

Model berpose dengan Glory 560Model berpose dengan Glory 560 Foto: Pradita Utama


Di bagian tengah dasbor ada layar sentuh 8 inci yang sudah dilengkapi dengan Radio, sambungan Bluetooth, GPS Navigation, Mirroring Smartphone (iOS dan Android), sampai kamera belakang untuk memudahkan parkir. Layar audionya diposisikan berada di atas dasbor sehingga pandangan kita tidak terlalu ke bawah ketika mengemudi.

Interior Glory 560Interior Glory 560 Foto: Pradita Utama


Mobil Glory 560 memiliki konfigurasi 7 seater, 2-3-2, yang bisa diubah dengan fleksibel. Bagasi belakang bisa direbahkan sehingga memberikan panjang maksimum 1.810 mm, lebar 1.300 mm dan tinggi 760 mm. Cukup untuk membawa barang yang Anda butuhkan.



3. Mesin dan Performa Glory 560

DFSK Glory 560 menggunakan mesin 1.500 cc turbocharged. Mesin ini menghasilkan tenaga 150 PS di putaran 5.600 rpm dan torsi 230 nm di rentang putaran 1.800 - 4.000 rpm. Trnaga disalurkan ke roda lewat transmisi CVT. Mesin ini disebut DFSK berbeda dengan kakaknya Glory 580.

Mesin Glory 560Mesin Glory 560 Foto: Pradita Utama


Karena mobil dialamatkan untuk konsumen yang lebih berjiwa muda, tenaga mesin dibuat lebih agresif. Sayang DFSK belum memberikan kesempatan buat detikcom untuk menjajal performa mobil.

Soal suspensi, mobil dipasangkan suspensi depan MacPherson dan suspensi belakang 5 link coil spring. Jadi bisa digunakan untuk jalan perkotaan maupun semi offroad

4. Fitur Glory 560

Untuk urusan fitur, Glory 560 cukup lengkap. Ada keyless entry, start/stop button, electric Parking Brake (EPB), Anti-Lock Braking System (ABS), (EBD), emergency Brake Assist (EBA), Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Control (ESP) dan Traction Control System (TCS) serta immobilizer. Terakhir ada Dual Airbag System yang siap memberikan perlindungan ketika mobil mengalami kecelakaan. Setiap rodanya direm dengan rem cakram

5. Kesimpulan

Kesan pertama mobil Glory 560 ini cukup menggoda. Desainnya kalau boleh jujur lebih cantik dibanding kakaknya. Begitu juga dengan kualitas interior yang mumpuni. Tinggal bagaimana ketangguhan mesin dan harga yang akan ditawarkan ke masyarakat Indonesia. Untuk harga kita harus menunggu pekan depan saat DFSK merilis mobil dengan resmi.

Kesan Pertama Glory 560, SUV Pesaing Si Kembar Rush-TeriosFoto: Mindra Purnomo


Video perkenalan Glory 560

[Gambas:Video 20detik]











(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com