Selasa, 05 Mar 2019 09:41 WIB

Ototest

Ferrari Paling Nyaman buat Mudik Lewat Trans Jawa

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Dok. Ferrari Jakarta Foto: Dok. Ferrari Jakarta
Surabaya - Mendengar nama supercar seperti Ferrari, selain mesin besar dan suara knalpot gahar, ingatan kita pasti langsung tertuju ke desain jok bucket dua seat, ruang kepala yang sempit, dan karakter suspensi yang kaku. Maklum, kebanyakan supercar Ferrari dibuat lebih sporty untuk mengedepankan kecepatan dan dinamika berkendara.

Tapi pandangan tersebut bakal berubah ketika kita sudah merasakan duduk di dalam Ferrari GTC4Lusso T, mobil Ferrari yang bisa memuat empat orang penumpang. Sebab, mobil yang punya basis mesin identik dengan Portofino ini memang dirancang khusus untuk kenyamanan penumpang.

Hal ini sudah detikOto buktikan sendiri ketika ikut kegiatan touring memakai GTC4 Lusso T, dalam acara FOCI Trans Java Tour 2019. Kegiatan ini digelar oleh Ferrari Owners Club Indonesia dan Ferrari Jakarta, selama dua hari (1-2/3/2019).



Saat menempuh rute sejauh 655 km menyusuri Tol Trans Jawa, dari Jakarta hingga ke Surabaya, detikOto menjadi salah satu penumpang di GTC4Lusso T. Bagaimana rasanya? Bisa dikatakan ini adalah Ferrari paling nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Konfigurasi kursi di GTC4Lusso T memang betul-betul didesain 4 seat, bukan seperti kursi 2+2 yang kursi di baris keduanya biasanya sangat kecil dan sempit untuk diduduki orang dewasa.

Ferrari Paling Nyaman buat Mudik Lewat Trans JawaFoto: Luthfi Anshori


Kursi penumpang GTC4Lusso T pun cukup nyaman diduduki. Kursi terasa empuk dan sudah dilapis material kulit. Ruang kakinya dan ruang kepalanya cukup lega. Ditambah, sudah ada handrest, double blower dan soket charger USB 2 buah.

Fitur lain yang bikin nyaman penumpang di GTC4Lusso T adalah adanya panoramic sunroof luas yang membentang dari kursi depan hingga kursi belakang. Adanya 'kaca' di atap mobil ini membuat kesan supercar asal Italia ini menjadi luas layaknya MPV.



Bicara sektor peredaman, GTC4Lusso T memiliki setingan suspensi sedikit lebih empuk dibanding saudaranya, Portofino. Saat melewati jalan Tol Trans Jawa yang berkarakter bumpy di beberapa ruas, mobil ini cukup berguncang. Namun, GTC4Lusso T sudah dilengkapi pengaturan suspensi yang bisa dikontrol melalui tombol di setir.

Bicara mesin, GTC4Lusso 'disuntik' dengan dapur pacu V8 turbo berkapasitas 3.855 cc, berpenggerak roda belakang. Mesin tersebut dilengkapi transmisi kopling ganda tujuh percepatan, yang bisa diseting otomatis maupun manual.

Mesin Ferrari GTC4Lusso T tersebut bisa mengeluarkan tenaga mencapai 610 dk pada 7.500 rpm dan torsi puncak 769 Nm di rentang 3.000 rpm dan 5.250 rpm. Bagaimana performanya? Tentunya sangat bisa diandalkan di jalur highway Tol Trans Jawa. Apalagi mobil ini punya beberapa mode berkendara seperti ice, comfort, sport, wet, serta ESC off untuk keperluan drift.

Ferrari Paling Nyaman buat Mudik Lewat Trans JawaFoto: Luthfi Anshori


Bicara akomodasi, GTC4Lusso T dibekali kompartemen berkapasitas 450 liter. Ukuran itu tentunya lumayan untuk sebuah bagasi supercar. Buktinya, bagasi GTC4Lusso T yang kami tumpangi bisa memuat sebanyak lima tas berbagai ukuran. Supercar yang cocok buat mudik nih! (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com