ADVERTISEMENT
Sabtu, 15 Des 2018 07:30 WIB

Fortuner, Pajero Cs Diadu, Siapa yang Paling Irit BBM?

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Setelah menguji kestabilan dan ketangkasannya, kini detikOto dan CNN Otomotif kembali membandingkan keempat mobil Sport Utility Vehicle (SUV) populer di Indonesia. Kali ini yang ingin diuji adalah konsumsi bahan bakar.

Mengambil area Proving Ground Bridgestone di Karawang, Bekasi, keempat mobil yakni Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Isuzu MU-X, dan Chevrolet Trailblazer sudah diisikan bahan bakar secara penuh. Metode pengujian adalah full-to-full.



Pertama, keempat SUV tadi dibawa ke pom bensin yang sama untuk diisikan bahan bakarnya sampai penuh. Bahan bakar yang dipilih adalah Pertamina Dex.

Kemudian, di layar MID tiap mobil trip odometernya direset atau dibuat 0 (nol). Sehingga setelah pengisian bahan bakar tadi setiap perjalanan terhitung.

Keempat mobil mengelilingi trek hingga 35 kali dengan kecepatan sekitar 70 km/jam. Tiap hidup dan matinya mesin mobil pun sebisa mungkin dibuat bersamaan. Hal ini dilakukan agar data yang terekam akurat, sebab setiap mobil dikendalikan oleh orang yang berbeda.

Fortuner, Pajero Cs Diadu, Siapa yang Paling Irit BBM?Uji Irit BBM 4 SUV, Foto: Rachman Haryanto


Setelah semuanya selesai, keempat SUV tadi kembali diisikan bahan bakarnya hingga penuh. Dari sini baru terlihat berapa bahan bakar yang sudah dikonsumsi tiap mobil. Namun perhitungannya tak sampai situ saja, Otolovers.

Semua data dikumpulkan. Terutama jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar. Lalu data tersebut dibagi sehingga muncullah hasil akhir dimana Toyota Fortuner yang menjadi juaranya.

Dari catatan detikOto bersama CNN Otomotif, Toyota Fortuner Diesel VRZ TRD Sportivo 4x2 A/T menempuh jarak 103,1 km dengan total konsumsi bahan bakar 10,246 liter. Setelah dilakukan penghitungan dengan cara membaginya, kisaran konsumsi bahan bakar mobil ialah 10,06 kilometer/liter (kpl).

Fortuner, Pajero Cs Diadu, Siapa yang Paling Irit BBM?Foto: Rachman Haryanto

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T dinobatkan sebagai mobil SUV dengan konsumsi bahan bakar terbaik nomor 2 dalam pengujian ini. Dengan total jarak 101,8 km, total konsumsi bahan bakarnya adalah 10,274 liter. Sehingga setelah melakukan perhitungan diperoleh angka 9,90 kpl.



Torehan konsumsi bahan bakar Pajero Sport dipepet oleh Isuzu MU-X Premiere 4x2 A/T dengan angka 9,54 kpl. Tapi dari segi jarak, odometer SUV andalan Isuzu ini menunjukkan angka 102,8 km. Berbeda 1 km dari Pajero Sport. Total konsumsi bahan bakarnya adalah 10,768 liter.

Urutan terbawah adalah Chevrolet Trailblazer LTZ A/T dengan catatan jarak 104,3 km dan konsumsi bahan bakar 12,664 liter. Setelah dilakukan pembagian, diperoleh angka 8,23 kpl untuk mobil berdarah Amerika tersebut.

Angka tersebut memang dapat berubah tipis mengikuti gaya berkendara pengemudinya. Namun untuk kecepatan normal di jalan tol (sekitar 70 km/jam), Toyota Fortuner patut berbangga hati.


Simak juga video 'Pengamat Ekonomi Energi UGM: Premium itu Racun Bagi Pemerintah!':

[Gambas:Video 20detik]

Fortuner, Pajero Cs Diadu, Siapa yang Paling Irit BBM?
(ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com