Ototest

Honda Brio, Si Kecil yang Tak Lagi Bikin Khawatir

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Selasa, 23 Okt 2018 16:28 WIB
Honda Brio, Si Kecil yang Tak Lagi Bikin Khawatir
Foto: Dadan Kuswaraharja/detikOto

Mobil yang diberi Honda kali ini adalah Honda Brio tipe tertinggi yang dijual seharga Rp 190 juta. Bagian depannya mengingatkan kita pada tampang Honda Mobilio.

Ya itu lah desain yang menjadi ciri khas dari Honda dan terus digunakan sampai mobil terkecil mereka, Brio. Sosok Brio yang mungil berubah menjadi seperti Honda Jazz karena ada penambahan ukuran bodi.

Bagian belakang Honda BrioBagian belakang Honda Brio Foto: Dadan Kuswaraharja/detikOto

Honda memperpanjang jarak sumbu roda hingga 60 mm untuk menciptakan ruang duduk belakang yang lebih besar, ditambah ruang tandem yang lebih panjang dan besar untuk digunakan oleh keluarga muda sekaligus tetap mempertahankan bentuk yang kompak agar mudah bermanuver di tengah padatnya lalu lintas perkotaan.

Selain itu bagasi diperluas hingga 90 mm untuk menyediakan kapasitas lebih besar, yang dapat digunakan untuk menampung kereta bayi dan barang bawaan lainnya dengan mudah.

Bodi mobil pun diubah agar lebih aerodinamika mengurangi hambatan angin. Mulai dari bemper depan sampai tonjolan di lampu belakang bertugas membuat udara lebih mudah mengalir ke bagian belakang mobil.

Khusus untuk tipe ini, Honda memasang pelek aluminium 15-inci agar terlihat mewah dengan Piano Black Design yang dibuat menggunakan mesin secara halus dan akurat.

Pintu bagasinya seperti detikOto sebut di bagian awal tidak lagi menggunakan pintu kaca tapi pintu Tailgate Style yang lebih kokoh untuk memberikan rasa aman. Berkat penambahan wheelbase dan penggunaan pintu bagasi itu, bagasi Brio jadi lebih lebar dengan kapasitas total 176 liter, lebih besar dari kompetitor di kelasnya.