Senin, 09 Jul 2018 17:54 WIB

Ototest

Sensasi Nyetir SUV Termewah Pertama Dunia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bentley Bentayga V8 Foto: Bentley Bentley Bentayga V8 Foto: Bentley
Jakarta - Bentley Jakarta sebagai diler resmi Bentley Motors di Indonesia meluncurkan SUV termewah, Bentley Bentayga. Jika sebelumnya Bentayga hanya dijual dalam versi mesin W12, kini Bentley Jakarta menghadirkan Bentayga dengan mesin yang lebih kecil yang memiliki konfigurasi V8.

Bentley Bentayga V8 diperkenalkan kepada awak media pada akhir pekan kemarin. Dalam perkenalan itu, Bentley Jakarta juga memberikan kesempatan kepada detikOto untuk mengendarai Bentayga V8 langsung di jalanan Jakarta.

Unit mobil yang dicoba ini merupakan mobil launching. Jadi, Bentayga V8 yang detikOto coba ini masih menggunakan setir kiri. Pakai setir kiri di Jakarta awalnya agak sedikit kagok, tapi dengan adaptasi beberapa menit, detikOto bisa menikmati mobil itu.



Test drive Bentley Bentayga V8 ini dilakukan di kompleks SCBD. Setidaknya detikOto masih bisa merasakan kemewahan ala Bentley Bentayga sekaligus kegarangan mesin V8 yang digendongnya.

Bentley BentaygaBentley Bentayga Foto: Bentley


Awalnya detikOto duduk sebagai penumpang di baris depan. Menjadi penumpang di Bentley Bentayga V8 ini sangat nyaman. Tak perlu diragukan lagi, mobil mewah asal Inggris ini memang menawarkan segudang kemewahan luar-dalam.

Masuk ke dalam kabin, kesan pertama yang didapatkan adalah mewah. Material kelas wahid menghiasi bagian interior mobil. Material kulit membuat interior mobil jadi enak dipandang sekaligus menambah kenyamanan.
Bangku penumpang depan yang diduduki detikOto bisa diatur posisinya menggunakan tombol pengatur elektrik. Enaknya lagi, ada fasilitas pijat di jok penumpang depan. Jadi, kalau naik mobil ini sambil bermacet-macetan, bisa tetap nyaman. Sambil bersandar ke jok Bentley Bentayga, punggung menjadi lebih relaks ketika dipijat di jok Bentley Bentayga ini.
Bentley BentaygaBentley Bentayga Foto: Bentley

Sesi berikutnya, detikOto langsung mencoba mengemudi Bentley Bentayga V8. Kesan pertama duduk di bangku pengemudi, detikOto merasakan aura sporty. Meski sebagai mobil SUV, aura mobil kencang tetap ada. Terlebih, sopir juga bisa mengatur posisi gigi menggunakan paddle shift di balik kemudi, meski ukurannya menurut detikOto terlalu kecil.

Sebagai informasi, Bentley Bentayga menggendong mesin V8 4.000 cc twin-turbocharged 32 katup. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 550 daya kuda pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 770 Nm yang terasa pada 1.960-4.500 rpm.

BentaygaBentayga Foto: Bentley
Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan dari ZF. Tenaga disalurkan ke sistem permanent all wheel drive dengan 40:60 front to rear torque split.

Awalnya, detikOto mencoba mode Comfort terlebih dahulu. Meski pakai mode Comfort, tenaga Bentley Bentayga V8 ini masih mumpuni untuk berakselerasi. Suara knalpot terdengar kalem dan settingan suspensi juga terasa empuk. Saat melewati pita kejut di jalanan SCBD juga terbilang sangat nyaman menggunakan Bentayga mode Comfort. Kenyamanan ditambah lagi dengan kesenyapan kabin khas mobil mewah Inggris.

Satu putaran dilewati, detikOto kemudian mencoba mode Sport. Saat menggunakan mode Sport, suara khas mesin V8 lebih meraung. Terdengar merdu sekali suara khas mesin V8 yang digendong Bentayga ini.



Tenaga Bentayga saat menggunakan mode Sport juga semakin keluar. Bakselerasi sedikit saja, kecepatan kendaraan langsung melesat. Lebih enak lagi ketika detikOto mencoba Bentayga pakai mode Sport dan mengoperasikan transmisi secara manual melalui paddle shift. Benar-benar seperti membawa mobil sport, padahal ini sedang mengendarai mobil SUV.

Tapi, mengendarai Bentley Bentayga pakai mode Sport bakal mengorbankan kenyamanan. Setting suspensi jadi lebih keras ketika kita menggunakan mode Sport. Wajar saja, karena ketika mode Sport diaktifkan maka pengendara butuh stabilitas sehingga suspensinya lebih keras.

Bentley Bentayga Bentley Bentayga Foto: Bentley


Di atas kertas, Bentley Bentayga ini bisa berlari sampai 290 km/jam. Akselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam cuma butuh waktu 4,5 detik.

Sayang, detikOto tak bisa merasakan kecepatan maksimal mobil ini karena hanya melakukan test drive singkat di jalanan umum. Meski begitu, setidaknya detikOto bisa merasakan akselerasi Bentayga V8 yang cukup ganas. Maklum, Bentley Bentayga merupakan salah satu SUV tercepat di dunia.

detikOto menilai, sensasi nyetir Bentley Bentayga V8 ini seperti mengendarai mobil sport. Bedanya, mobil ini lebih tinggi dan lebih lebar. Namun, sensasi akselerasinya seperti mobil sport. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed