Sabtu, 30 Jun 2018 08:25 WIB

Konsumsi BBM New Ertiga Tembus 20 Km Per Liter

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Suzuki New Ertiga Foto: Dok. Suzuki Suzuki New Ertiga Foto: Dok. Suzuki
Jakarta - Dikendarai di jalur yang menantang di selatan Bali, Suzuki Ertiga membukukan angka konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) yang cukup irit. Mobil yang dites keiritannya dengan metode full to full itu sanggup mencapai di atas angka 20 km per liter.



Yang menarik, transmisi manual yang biasanya lebih irit malah kalah dibanding transmisi otomatis.

Berikut data konsumsi BBM terbaik yang dibukukan kalangan wartawan ysng disampaikan oleh Suzuki, Jumat (29/6/2018) malam:

1. Mobil transmisi otomatis : 23,15 km per liter (jarak tempuh 85,7 km)
2. Mobil transmisi manual : 20,85 km per liter (jarak tempuh 101,9 km).



Mobil melewati berbagai jalanan dengan kontur menanjak di Bali Selatan, terutama saat menuju Pantai Pandawa. Mobil pun menemui kemacetan yang cukup berat di kawasan Kuta.

New ErtigaNew Ertiga Foto: Dok. Suzuki


Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel mengatakan dalam pengetesan sebelumnya, juga oleh kalangan wartawan nasional, Ertiga sanggup menempuh angka konsumsi BBM 27 km per liter dengan transmisi manual. Mobil itu tercatat melaju sampai 180 km.

"Dalam pengujian keiritan Ertiga teknik mengemudi yang dapat menghemat bahan bakar juga akan menjadi kunci keberhasilan peserta untuk memenangkan kompetisi ini," ujarnya.



Sebelum dilepas ke pasaran, pemerintah lewat Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP) sudah menguji konsumsi BBM Ertiga. Hasilnya, Suzuki Ertiga model baru lebih irit 3,3 persen dibanding model lamanya.

"Dari hasil tes statik BT2MP untuk Ertiga otomatis 16,73 km per liter dan 18,09 km per liter untuk manual," ujarnya. (ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed