Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 06 Oktober 2017, 19:27 WIB

Ototest

Mengetes 3 Mobil Kia Sekaligus

Dina Rayanti - detikOto
Mengetes 3 Mobil Kia Sekaligus Kia Mobil Indonesia All New Rio, Kia Sportage, dan Kia Sedona Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Kia Mobil Indonesia memiliki tiga produk andalan baru untuk dijual di pasar Indonesia. Ketiganya langsung didatangkan dari Korea Selatan yaitu All New Rio, All New Sportage, dan Grand Sedona.

Untuk membuktikan keandalan tiga mobil tersebut, Kia mengajak serta puluhan jurnalis otomotif nasional mengetes ketangguhan ketiga mobil baru itu sekaligus.

Lokasi yang dipilih adalah di sekitaran Ancol. Sayangnya rute yang diberikan produsen mobil asal Korea Selatan itu cukup pendek, sehingga untuk mengetes performa mobil bisa dibilang kurang maksimal.

Masing-masing jurnalis diberi kesempatan untuk menjajal tiga mobil sebanyak satu lap saja. Mulai dari jalanan berbatu yang harus ditempuh dalam kecepatan 30 km/jam, jalanan lurus untuk mencoba akselerasi, dan juga pengeremannya.

Mengetes 3 Mobil Kia SekaligusAll New Rio Foto: Dina Rayanti


Mobil pertama yang dicoba detikOto adalah Kia All New Rio yang baru meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) April lalu. Soal performa, hatchback Kia Rio ayng dibeklai mesin Kappa 1.4 L Dual CVVT bisa dibilang tak berbeda jauh dengan hatchback lain pada umumnya. Saat digeber langsung kecepatan tinggi mobil cukup responsif dan terlalu limbung.

Ketimbang menyematkan fitur rem Anti-lock Brake System Kia justru memilih sunroof untuk dipasang di hatchback penantang Honda Jazz itu dengan alasan menyasar anak muda. Meski begitu saat dites pengereman cukup dalam mobil masih bisa dikendalikan dengan baik.

Mengetes 3 Mobil Kia SekaligusKia Sportage Foto: Dina Rayanti


Beralih ke mobil kedua SUV Kia Sportage. Saat masuk ke bagian dalam Sportage yang cukup tampak adalah kesan mewahnya. Di kursi bagian pengendara misalnya bisa diatur dengan elektrik mulai dari maju mundur, menaik turunkan, hingga mengatur sandaran punggung sehingga pengendara bisa mendapatkan posisi yang paling nyaman.

Mencobanya di jalanan yang tak cukup bergelombang, suspensi Sportage cukup empuk, tak terasa keras sama sekali. Mobil juga enak diajak ngebut. Saat pedal gas diinjak cukup dalam mobil juga responsif.

Mengetes 3 Mobil Kia SekaligusKia Sedona Foto: M luthfi Andika


Kemudian mobil terakhir yang dicoba adalah MPV andalan Kia yakni Grand Sedona. Berbeda dengan MPV pada umumnya yang hanya mampu menampun tujuh hingga delapan penumpang, Kia mengklaim MPVnya ini bisa menampung hingga 11 penumpang.

Kesan pertama saat masuk ke mobil memang mobil cukup besar seperti halnya sedang mengendarai mobil SUV. Dan juga saat dikendarai mobil terasa besar dan sedikit berat. Walaupun ukurannya besar dengan mesin 3.3 L V6 MPI Quad CVVT Sedona masih asyik diajak bermanuver.

Soal kelegaan interior Sedona tak diragukan lagi. Saat masuk ke dalam dan bagian tengah terlihat Sedona memang lebih lapang jika dibandingkan MPV pada umumnya. (dry/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed