Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 12 Juli 2017, 14:59 WIB

Ototest

6 Beda Mazda CX-5 Baru dengan yang Lama

Dina Rayanti - detikOto
6 Beda Mazda CX-5 Baru dengan yang Lama Foto: Dina Rayanti
Jembrana - PT Eurokars Motor Indonesia lewat mereknya Mazda baru saja mengenalkan generasi kedua dari model SUV CX-5. Meski mesinnya tak diganti, Mazda justru mempercantik tampilan luar maupun dalamnya.

Beberapa fitur canggih pun tersemat untuk memanjakan si pengendara maupun penumpangnya. Melihatnya dari depan sudah terlihat betul perbedaannya.

Yang pertama dari grille. Jika dahulu grilenya bersusun-susun, kini bentuknya seperti honeycomb alias mirip sarang lebah.

CX-5 model duluCX-5 model dulu Foto: Dadan Kuswaraharja

CX-5 model baruCX-5 model baru Foto: Dina Rayanti


"Desain lampu agak sipit ya, grill juga beda dulu kan susun-susun," kata Product Planning Expert PT Eurokars Motor Indonesia, Bonar Pakpahan disela-sela penyebrangan ke Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Rabu (12/7/2017).

Menurut Bonar, bentuk grille tersebut bisa menjadikan radiator bisa bekerja lebih maksimal dan suhu kabin juga jadi lebih dingin.

"Rasanya nggak (mempengaruhi aerodinamis) yang masuk ke grille logika kami lebih maksimal harusnya jadi radiator di belakang grille bisa mendapatkan pendinginan lebih maksimal dan jaga suhu mesin tetap stabil lebih baik ketimbang yang dulu," lanjut Bonar.

Yang kedua di mobil baru ada juga fitur baru seperti Auto Brake Hold. Fitur tersebut membuat si pengendara tak perlu repot-repot memindahkan tuas transmisi ke netral saat mobil berhenti sesaat seperti di lampu merah.

Foto: Muhammad Nur Abdurrahman


"Lampu merahnya lagi merah dengan mengaktifkan jadi kita tidak usah netralin tarik rem tangan, segala macem cukup angkat kaki dari pedal rem, jadi meski tuasnya masih di D mobil akan tetap berhenti jadi remnya tetap gigit sementara kaki sudah diangkat dari pedal rem," ungkap Bonar.

"Nanti kalau udah lampu hijau kita tinggal injak aja pedal gas, nanti otomatis," jelas Bonar lagi.

Ketiga pintu belakang juga sudah dilengkapi dengan tombol Power Lift Gate. Sehingga membuka tutup mobil tak perlu lagi dilakukan secara manual.

Foto: Dina Rayanti


Keempat di bagian dalam tampilan dasbor juga berubah menjadi lebih elegan seperti halnya mobil premium lain. Di bagian belakang juga terdapat Rear AC Outlet yang membuat kabin bagian belakang bisa lebih dingin.

Kelima, kursi belakang bahkan juga sudah bisa dimundurkan agar penumpang bisa mendapatkan posisi duduk yang lebih nyaman.

"Penumpang belakang sekarang ada sama bangku penumpang bisa di-recline. Posisi dari garis normal dia itu membentuk sebesar 24 derajat dalam kondisi standar tetapi dia bisa direbahin lagi sampai dengan 28 derajat jadi additional 4 derajat," pungkas Bonar.

Terakhir, ada juga Head Up Display yang disebut sebagai Active Driving Display. Active Driving Display ini langsung dipantulkan ke kaca, tak lagi menggunakan mika seperti pada mobil lain.
Foto: Dina Rayanti
(dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed