Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 16 Juni 2017, 10:58 WIB

Ototest

Sensasi Honda Civic Tanpa Buntut

M Luthfi Andika - detikOto
Sensasi Honda Civic Tanpa Buntut Honda Civic Hatchback Turbo (Foto: M. Luthfi Andika)
Jakarta - Honda Civic tanpa buntut atau tepatnya Civic Hatchback kini sudah mengusung turbo. Mobil hadir dengan desain eksterior baru yang agresif dan berkat turbonya performa mobil diklaim Honda semakin meningkat.

Penasaran, detikOto pun langsung menjajal mobil Honda Civic Hatchback Turbo. Memang pengujian kali ini terbilang tidak terlalu jauh dan lama, hanya berada di kisaran Senayan Jakarta. Bahkan kencan singkat ini dimulai pukul 19.00 WIB, saat kemacetan Jakarta tengah gila-gilanya.

Nah mau tahu apa saja yang ditawarkan Honda Civic Hatchback yang dibanderol Rp 399 juta sampai Rp 438 juta ini, simak yang satu ini ya!

1. Tanpa Buntut

Honda CivicHonda Civic Foto: M. Luthfi Andika


Soal tampilan yang disajikan, bukan Honda namanya jika tidak menyajikan desain yang keren. Namun jika dilihat dari depan tampilan Honda Civic Hatchback Turbo tidak memiliki perbedaan jika dibandingkan model sedan.

Yang pasti bedanya ada di belakang. Model ini tanpa buntut alias bagasi layaknya sedan. Meski demikian kemewahan model ini akan terlihat jelas, karena Honda Civic Hatchback Turbo dikembangkan dengan tiga pilar utama, Charismatic, Soulful, dan Comfortable. Ketiganya mengacu pada desain eksterior dan interior yang premium untuk menambahkan kenyamanan berkendara.

Desain ekterior Honda Civic Hatchback Turbo mengusung konsep 'Extremely Sporty Design with Innovative Silhoutte. Dengan bumper depan sporty, agresif, dengan full LED headlight untuk varian E dan projector headlamp untuk varian S.

Namun seluruh varian Civic Hatchback Turbo dilengkapi dengan LED Daytime Running Light (DRL) yang tersambung dalam tampilan gril mewah dan sporty. Serta LED Foglamp dan Side Position Lamp menambah kece tampilan model terbaru Honda ini.

Garis tubuh juga terlihat mewah dan tegas hingga ke buritan Honda Civic Hatchback Turbo. Dan di bagian buritan rear combi lamp bersama dengan LED Light Bars dengan desain yang meruncing di sudut menambah kesan sporty. Dan lebih keren lagi Dual Exhaust Pipe bersama dengan pelek 17 inci.

2. Kabin rasa sedan

Honda Civic Hatchback TurboHonda Civic Hatchback Turbo Foto: M. Luthfi Andika


Meski memiliki desain hatchback, saat masuk dalam kabin Honda Civic Hatchback Turbo, siapa pun pasti tidak akan merasakan kesan hatchback, semua dijamin akan tertipu karena rasa sedan sangat terasa.

Kemewahan Honda Civic Hatchback mengusung konsep 'Daring ACE Design' yang memadukan kualitas material kelas atas, konsol tengah yang 'fun-to-use'. Serta posisi berkendara nyaman sekaligus sporty. Di balik roda kemudinya, Meter Cluster dengan Multi Information LCD Display memberikan berbagai informasi yang penting saat berkendara melalui layar yang informatif.

Pengaturan posisi mengemudi dalam Honda Civic Hatchback Turbo semakin mudah dengan sistem Tilt & Telescopic pada roda kemudi, serta sistem 8-way Driver Power Seat Adjuster untuk varian E dan 6-way Driver Manual Seat Adjuster untuk varian S.

Auto A/C dengan panel berdesain modern secara otomatis mengatur besarnya hembusan udara dan tingkat suhu ideal dengan waktu pendinginan yang cepat. Tidak lupa pendinginan tambahan rear A/C ventilation juga diselipkan.

3. Banjir fitur

Interior mobil Honda Civic Hatchback TurboInterior mobil Honda Civic Hatchback Turbo Foto: Dina Rayanti


Honda Civic Hatchback Turbo mengusung berbagai teknologi canggih yang diterapkan untuk memudahkan pengemudi dan menambah kenyamanan di dalam kabin. Di konsol tengah, terdapat sistem audio video canggih dengan layar sentuh 7 inchi yang dibekali teknologi Wireless Mirroring untuk Smartphone Android dan iOS di tipe E dan HDMI Support di tipe S.

Sistem Audio Video ini kompatibel dengan berbagai format media audio maupun video, dan dilengkapi dengan port USB dan Aux. Penambahan tweeter speaker menghasilkan kualitas audio yang lebih jernih. Pengaturan audio juga dapat dilakukan melalui Steering Switch Control yang terdapat di roda kemudi.

Sementara fitur Hands-Free Telephone Switch yang memungkinkan pengemudi untuk menerima panggilan telepon tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.

Fitur canggih lain yang disematkan pada Civic Hatchback meliputi Smart Key, yang berfungsi mengunci, membuka, hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis sehingga kabin telah sejuk saat pengemudi memasuki kendaraan.

Teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu. One Push Ignition System berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol.

Sementara, fitur Cruise Control untuk melajukan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi juga dapat mengendalikan kecepatan dengan tombol pengatur di roda kemudi.

Untuk menambah kenyamanan dan keamanan, Honda Civic Hatchback juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper untuk tipe E, serta Rear Parking Camera.

Selanjutnya Honda Civic Hatchback didukung oleh fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi lainnya untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. ECO Assist akan membantu pengendara mengirit BBM saat berkendara. Cara berkendara akan dihitung dan hasilnya ditampilkan dalam layar yang berubah menjadi hijau saat mobil mengalami efisiensi yang bagus.

4. Turbo Terasa di RPM 3.000

Honda Civic Hatchback TurboHonda Civic Hatchback Turbo Foto: M. Luthfi Andika


Saatnya menguji bagaimana Honda Civic Hatchback Turbo memanjakan konsumen setianya nih. Meski sangat singkat kencan bersama Civic Hatchback, kenyamanan sangat terasa.

Mulai dari posisi duduk yang bisa diatur secara elektrik, pandangan luas, fitur entertainment yang mewah, ruang kaki baik untuk pengendara dan penumpang terasa begitu luas. Namun yang tentu menjadi pusat perhatian kali ini, tidak lain dan tidak bukan yakni mesin yang digendongnya kali ini.

Mesin dan platform Civic Hatchback masih sama dengan yang digunakan pada mesin tipe sedan yakni 1.5 L VTEC Turbo. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal 173 PS pada rpm 5.500 dan torsi 220 Nm pada rpm 5.500. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi 7 percepatan yang bisa diatur dengan sentuhan jari saja.

Namun nyatanya detikOto sudah merasakan turbo sejak RPM 3.000, tenaga dahsyat sudah sangat terasa. Bahkan tenaga yang lebih responsif saat tuas berada di posisi Sport (S). Sayang jarak pendek dalam Gelora Bung Karno di tambah hujan deras, membuat detikOto tidak bisa menguji secara maksimal.

Saat melibas kemacetan, kenyamanan dalam kabin juga bisa dirasakan dengan sempurna, terlebih kedap suara dalam kabin membuat detikOto bisa semakin betah untuk berada dalam kabin.

5. Tingkat Keamanan kelas atas

Honda Civic Hatchback menggunakan teknologi frame G-Force Control (G-CON), yang memperkuat rigiditas dari struktur mobil dengan menyerap energi tabrakan. Sementara ACE memberikan perlindungan di kabin penumpang saat mobil mengalami tabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran.

Bodi mobil Honda Civic Hatchback Turbo juga didesain untuk mengurangi energi tumbukan dan meminimalisir cedera pada pejalan kaki yang tertabrak.

Saat kecelakaan keras terjadi, sabuk pengaman yang dilengkapi pretensioner akan memeluk pengendara lebih erat sehingga badan tetap berada di kursi, tidak goyang untuk mencegah pergerakan dada pengendara maju ke depan. Sedangkan Load Limiter berfungsi mengurangi tekanan yang berlebih dan mencegah cedera pada bagian dada sekaligus memastikan posisi tubuh jatuh pada airbag yang mengembang. Airbag yang ada di Honda Civic mencapai 6 buah.

Fitur keamanan Honda Civic Hatchback Turbo juga termasuk Electric Parking Brake yang memudahkan menarik rem dengan hanya satu sentuhan. Ada juga fitur Auto Brake Hold yang secara otomatis menahan mobil saat berada di tanjakan atau mencegah mobil melaju saat di turunan tanpa harus mengerem.

Sebagai tambahan, Honda Civic Hatchback dilengkapi dengan fitur keamanan lain seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Brake Override System, To Emergency Stop Signal. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Yakinkan Diri Sebelum Menerobos Banjir

    Yakinkan Diri Sebelum Menerobos Banjir

    Senin, 11 Des 2017 19:06 WIB
    Genangan air di jalan menjadi momok bagi pengemudi mobil. Jika salah antisipasi, mobil yang menerjang banjir itu akan mengalami kerusakan parah.
  • Yamaha Nmax Mau Disetrum?

    Yamaha Nmax Mau Disetrum?

    Senin, 11 Des 2017 17:58 WIB
    Sudah ada beberapa produsen yang merilis motor listrik di Indonesia. Apakah Yamaha berniat menyetrum skutik bongsornya, Nmax?
  • Modifikasi Simple Harian Toyota Avanza

    Modifikasi Simple Harian Toyota Avanza

    Senin, 11 Des 2017 17:18 WIB
    Peran Toyota Avanza di dunia otomotif Indonesia memang tidak sebentar, jadi wajar banyak dari pecintanya melahirkan modifikasi keren.
  • Honda Scoopy Simple Retro

    Honda Scoopy Simple Retro

    Senin, 11 Des 2017 16:01 WIB
    Honda Scoopy 2012 generasi pertama merupakan skutik keluaran Honda pertama yang bergaya Retro.
  • Pesta Mobil Mini di Indonesia

    Pesta Mobil Mini di Indonesia

    Senin, 11 Des 2017 15:38 WIB
    Untuk pertama kalinya, komunitas penggemar mobil Morris di Indonesia, Jakarta Morris Club menggelar Indonesia Mini Day.
  • Honda Brio Ini Milik Bos Laundry

    Honda Brio Ini Milik Bos Laundry

    Senin, 11 Des 2017 15:09 WIB
    Galih Agustian yang tergabung dalam komunitas Brionesia, Cibucil (Cibubur-Cileungsi), coba mewujudkan mimpinya.
  • Honda CRF150L Bisa Juga untuk Borongan

    Honda CRF150L Bisa Juga untuk Borongan

    Senin, 11 Des 2017 14:52 WIB
    Motor Honda CRF150L, saat ini mulai dipasarkan. Namun pemasaran saat ini baru kepada konsumen perorangan. Honda pun ingin menjual motor kepada fleet.
FJB Otomotif +