Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 27 April 2017, 09:28 WIB

Laporan dari Jepang

Berada di Belakang Setir SUV Anyar Andalan Mazda, CX-5

Muhammad Nur Abdurrahman - detikOto
Berada di Belakang Setir SUV Anyar Andalan Mazda, CX-5 Foto: Muhammad Nur Abdurrahman
Yamaguchi - New Mazda CX-5 yang menjadi SUV andalan Mazda sebentar lagi mengaspal di Indonesia. Dengan filosofi desain eksterior Kodo-Soul of Motion, New Mazda CX-5 2017 mengalami beberapa perubahan dari CX-5 yang pertama diluncurkan tahun 2012 lalu.

Bagian yang mengalami perubahan antara lain model lampu depan yang lebih tipis dan bentuk grille baru yang menyerupai "senior"-nya, New Mazda CX-9. Demikian pula lampu kabut bulat berubah bentuk menjadi pipih dan lampu belakang juga terlihat lebih ramping.

Dibanding pendahulunya, New Mazda CX-5 juga dibenamkan teknologi G-Vectoring Control, yang menambah kenyamanan mengemudi di trek menikung dan mengurangi guncangan saat berbelok tiba-tiba atau ketika membanting setir untuk menghindari lubang. Akselerasi mesin juga responsif, ketika akan melaju kencang.


Berada di Belakang Setir SUV Anyar Andalan Mazda, CX-5Foto: Mazda

Head PR Eurokars Motor Indonesia Fedy Dwi Parileksono saat bertemu dengan detikOto di Jepang beberapa waktu lalu menyebutkan New Mazda CX-5 yang akan masuk di Indonesia beberapa bulan lagi menggunakan mesin SKYACTIV-G (bensin) 2.5 L, yang akan menantang merek kompetitor, seperti Nissan X-Trail dan Honda CR-V.


Berada di Belakang Setir SUV Anyar Andalan Mazda, CX-5Foto: Muhammad Nur Abdurrahman

New Mazda CX-5 2.5 L ini juga dilengkapi Head Unit Display, berupa tampilan speedometer di layar depan mobil, serta sistem audio kelas premium, yaitu 10 speaker Bose.

Berada di Belakang Setir SUV Anyar Andalan Mazda, CX-5Foto: Muhammad Nur Abdurrahman


detikOto sempat menjajal New Mazda CX-5 di sirkuit Mine Proving Ground, milik Mazda di Yamaguchi, Jepang. Saat menikung di tanjakan dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam, suspensi New Mazda CX-5 terasa lembut dan stabil. Selain itu akselerasinya sangat responsif ketika akan dipacu dari kecepatan rendah.

Ruang kemudi juga terlihat mewah dipadu dengan teknologi canggih, seperti kamera depan dan belakang untuk memudahkan memarkir kendaraan, serta layar informasi 7 inchi yang bisa terkoneksi langsung dengan smartphone dan alat GPS.

Menurut Manager Program Mazda CX-5 di Mazda Motor Corporation Masaya Kodama sejak diluncurkan pada tahun 2012 silam dengan konsep desain filosofi Kodo yang terkandung nilai estetika tradisional Jepang, Mazda CX-5 telah menyumbang 25 persen dari penjualan Mazda dan hingga saat ini telah terjual 1,4 juta unit di 120 negara.

Dari segi desain New Mazda CX-5, Kodama menegaskan bahwa cita-cita Mazda untuk menciptakan hubungan emosional antara pengemudi dengan Mazda, maupun penumpang lainnya yang merasakan dimensi baru kenyamanan dalam berkendara terdapat pada seri SUV terbaru Mazda ini.

"Teknologi New Mazda CX-5 yang mengadopsi teknologi G-Vectoring Control (GVC), yang menciptakan keselarasan mobil dengan pengemudi dan penumpangnya yang mengurangi goyangan sehingga dalam kabin terasa lebih nyaman," ujar Kodama.

Spesifikasi New Mazda CX-5 2.5 L:

Mesin 2.488 cc, sejajar 4 silinder DOHC, 16 katup
Transmisi: 6 speed otomatis SKYACTIV-DRIVE
Fuel System: Electronically Controlled Direct Injection
Tenaga maksimum: 135/5.700 Kw/rpm
Torsi maksimum: 245/4.000 Nm/rpm
Fuel tank: 58 liter
Drivetrain: AWD (mna/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +