Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 01 April 2017, 16:47 WIB

Laporan dari Taiwan

Menantang Gelapnya Malam dengan Porsche Panamera

Niken Purnamasari - detikOto
Menantang Gelapnya Malam dengan Porsche Panamera Foto: Niken Purnamasari
Nantou County - Tak hanya menguji performa dan kemewahan, di Sun Moon Lake, Taiwan, Porsche Panamera juga ditantang untuk melintasi jalan gelap dan berkabut. Seperti apa kecanggihan teknologi yang diusung mobil pabrikan Jerman ini?

Sejumlah jalan di Sun Moon Lake pada malam hari memang cukup gelap dan berkabut. Sekitar pukul 20.00 waktu setempat, detikOto bersama instruktur dari Porsche yakni Benjamin dan Kenneth mencoba fitur teknologi yang diusung pada Porsche Panamera dan Panamera 4S, Night Vision Assistant.

Model pertama yang detikOto uji yakni Panamera dengan pengemudi dan instruktur yakni Ben. Panamera diajak melintasi kawasan yang minim penerangan di sekitar Sun Moon Lake, Yuichi Township. Jalanan memang gelap dan cukup mencekam.

Namun, cahaya pada lampu depan Porsche yang menggunakan teknologi LED mampu menjangkau luas jalan yang akan dilewati. Belum lagi terangnya panel instrumen di dalam mobil. Di dalam Panamera, juga terdapat kamera yang memperlihatkan bagaimana Night Vision Assistant bekerja.

Sepanjang perjalanan, Ben menjelaskan seperti apa fungsi dari fitur yang menjadi salah satu andalan pada mobol anyar tersebut.

"Lampu depan menggunakan New LED Matrix dengan 84 titik gambar yang dipilih. Jadi pengemudi dapat menjangkau jalan gelap yang dilewati," kata Ben.

Ada sejumlah percobaan yang dilakukan saat mobil berjalan. Tim panitia telah menyiapkan seorang asisten yang berdiri di jalan gelap. Ben pun memberi tahu kepada detikOto untuk melihat ke layar kamera yang berada di sebelah kanan setir kemudi.

"Lihat, ada orang di sebelah sini," ujar Ben sambil menunjuk jarinya ke layar.

"Kita bisa lihat termal dari orang tersebut untuk mendeteksi orang di jalanan. Night Vision Assistant menggunakan kamera termal untuk mendeteksinya. Tak cuma orang, tapi juga hewan besar," lanjutnya.

Setelah menjelaskan, perjalanan dilanjutkan. Kemudian Panamera yang dikendarai Ben berhenti. Ia mempersilakan detikOto untuk berganti model yakni Panamera 4S dengan instruktur Kenneth. Sama seperti Ben, sambil melintasi jalanan yang cukup gelap di Yuichi, Ken juga menjelaskan keunggulan dari Night Vision Assistant.

"Dengan teknologi ini, pengemudi dapat menyetir lebih aman dan bereaksi dengan cepat. Jika ada sesuatu yang membahayakan, ada warna indikator peringatan di kokpit. Jadi tidak perlu khawatir berkemudi malam hari," jelas Ken. (nkn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed