Jumat, 31 Mar 2017 13:15 WIB

Laporan dari Nantou

Begini Serunya Kemudi Setir Kiri Porsche Panamera di Taiwan

Niken Purnamasari - detikOto
Foto: Niken Purnamasari Foto: Niken Purnamasari
Nantou - Menyetir Porsche di Jakarta dengan posisi kemudi di sebelah kanan sudah menjadi hal umum. Tapi bagaimana sensasinya jika Porsche dibawa dengan setir kemudi sebelah kiri di Taiwan?

detikOto menjajal langsung setir kiri Porsche di salah satu destinasi terbaik di Taiwan yakni Sun Moon Lake. Kawasan ini terletak di Yuchi Township, Nantou County dengan trek jalan pegunungan yang berkelok dan tikungan tajam.

Begini Serunya Kemudi Setir Kiri Porsche Panamera di TaiwanFoto: Niken Purnamasari


Model yang digunakan detikOto pertama kali untuk menjajal di sekitar Sun Moon Lake yakni Porsche Panamera 4S. Mobil 4 penumpang ini menggendong mesin V6 dengan tenaga 440 hp.

Begitu duduk di posisi kemudi setir sebelah kiri sensasinya sudah berbeda. Mobil pun melaju melewati sejumlah wilayah dari tempat start detikOto yakni dari hotel yang berlokasi di Yuichi Township. Perjalanan dilakukan secara konvoi yang dikomandoi oleh instruktur dari Porsche yakni Kenneth.

"Tolong tetap stabil di jalur kiri," begitu instruksi Kenneth kepada para jurnalis yang mengendarai Panamera di belakang mobilnya.

Sempat beberapa kali notifikasi di Panamera 4S yang dikemudikan detikOto berbunyi. Sebab mobil berada terlalu di jalur sebelah kanan. Notifikasi tersebut adalah bagian dari fitur teknologi Porsche yakni Lane Keeping Assist.

Lane Keeping Assist membantu pengemudi saat berkendara baik dalam melihat rambu lalu lintas maupun mendeteksi jalur secara otomatis. Fitur ini membantu pengemudi agar mobil tetap di jalurnya.

Lane Keeping Assist Porsche mengambil data dari sistem navigasi dan kamera pada sudut rambu jalan. Informasi pada fitur ini terdapat di layar panel instrumen di bagian tengah mobil.

Setelah menyesuaikan sesuai instruksi, Panamera 4S yang dikemudikan detikOto kembali melaju dengan menambah kecepatan. Usai melewati jalan pegunungan, mobil diuji performanya di jalan bebas hambatan (freeways). (nkn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Pakai Ferrari, Neymar Pernah Kecelakaan

    Pakai Ferrari, Neymar Pernah Kecelakaan

    Sabtu, 23 Jun 2018 12:14 WIB
    Pada 2015 lalu, Neymar mengunggah foto dirinya bersama Ferrari 458 Spider berkelir merah. Setahun kemudian, pada 2016, Neymar dikabarkan mengalami kecelakaan.
  • Koleksi Mobil Keren Lionel Messi

    Koleksi Mobil Keren Lionel Messi

    Sabtu, 23 Jun 2018 08:08 WIB
    Bayaran Lionel Messi sebagai pemain sepak bola cukup besar. Setahun Messi bisa mengumpulkan pendapatan Rp 1,1 T. Wajar saja koleksi mobilnya keren-keren.