Kamis, 25 Agu 2016 13:04 WIB

Laporan dari Malaysia

Tes Performa Ban Michelin Pilot 4 di Kondisi Jalan Kering dan Basah

Firdaus Anwar - detikOto
Sepang - Michelin Pilot 4 adalah produk terbaru dari produsen ban Michelin yang rencananya akan mulai dikenalkan ke pasar Asia Tenggara Oktober 2016 mendatang. Ban yang didesain khusus untuk sedan dan hatchback ini diklaim mampu memberikan cengkraman yang superior di kelasnya baik untuk kondisi jalan kering maupun basah.

detikOto mendapat kesempatan untuk membuktikan hal tersebut dengan membandingkan Michelin Pilot 4 dengan ban kompetitor langsung di Sirkuit Sepang, Malaysia. Dipasangkan ke mobil sedan Audi A6, kedua jenis ban diajak untuk bermanuver melakukan tes slalom serta pengereman mendadak di dua lintasan (kering dan basah).

Pada tes slalom di kecepatan 40 kilometer/jam bantingan setir yang agresif membuat ban Pilot 4 berdecit namun tetap mencengkeram kuat, hal yang sama juga terjadi dengan ban kompetitor.

Perbedaan baru mulai terasa ketika tes slalom memasuki lintasan basah. Masih pada kecepatan yang sama ketika tes pertama kali dilakukan, ban Pilot 4 mampu menapak dengan baik ketika setir dibanting sehingga detikOto tidak takut dan ragu untuk terus menekan pedal gas.

Sementara itu ketika mencoba hal yang sama dengan ban kompetitor terasa bagian belakang mobil cenderung membuang, perlu usaha ekstra untuk menjaga agar mobil menjadi tidak terlalu liar.

Tes berikutnya adalah pengujian rem mendadak yang dilakukan di aspal basah. Instruktur menginstruksikan agar detikOto tidak ragu memacu mobil sampai 100 km/jam lalu kemudian berhenti menginjak rem sekuat-kuatnya pada satu titik yang telah ditentukan dengan panjang lintasan tak lebih dari sekitar 200 meter.

Ban Pilot 4 mendapat kesempatan pertama. Dengan mudah Audi A6 yang telah dilengkapi dengan turbo memperoleh kecepatan 100 km/jam dan begitu mencapai titik pengereman sekuat-kuatnya rem diinjak. Sistem ABS yang ada menjaga agar ban tidak terkunci sehingga friksi yang dihasilkan bisa semaksimal mungkin. Tercatat mobil berhenti pada papan indikator angka 4 meter.

Selanjutnya tes serupa dilakukan pada ban kompetitor. Sekali lagi detikOto menginjak rem sekuat-kuatnya pada kecepatan 100 km/jam di titik yang sama namun kali ini mobil berhenti pada papan indikator 6 meter.

Kesimpulannya dua ban tersebut bisa terlihat jelas memberikan performa berbeda. Dengan keunggulan mencengkeram yang lebih baik terutama di jalan basah Audi A6 yang dilengkapi Pilot 4 membutuhkan jarak 34 meter untuk berhenti dari kecepatan 100 km/jam sementara mobil dengan ban kompetitor membutuhkan jarak 36 meter.

(fds/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com