Selasa, 14 Sep 2010 11:04 WIB

Peugeot 3008

- detikOto
Jakarta - Peugeot memang tergolong berani memasarkan 3008 bergenre crossover ke Indonesia di tengah minimnya pasar crossover di Indonesia.

Bentuk Peugeot 3008 tergolong berbeda dari kompetitornya. Crossover 3008 ini lebih besar dan bulat, bahkan lebih mendekati MPV mungil.

Spesifikasi Peugeot 3008

Mesin VVT EP6CDT turbocharger 16 Valve
Kapasitas 1.598 cc
Tenaga maksimal 156PS pada 5.800 rpm
Fitur Keselamatan 6 titik airbag, EBS, EBD, EBA dan ESP
Torsi puncak 240 Nm pada 1.400 rpm
Transmisi 6-speed
Konsumsi BBM 1:8,8 (luar kota)
Harga Rp 429,9 juta

Tidak berlama-lama, mari kita ulas mobil berlogo Singa yang berasal dari Eropa tersebut. Dari segi desain, tidak usah dipungkiri, 3008 memang mengandung unsur stylish yang mengisyaratkan 3008 adalah kelahiran Eropa. 3008 menyuguhkan nuansa berbeda ketika tampak dari depan, samping dan belakang.

Desain grille yang membuka lebar, seperti singa yang siap menerkam mangsanya. Namun itu hanya berfungsi untuk melancarkan angin masuk ke kabin mesin. Disain grille dipercantik dengan aksen hitam. Dari depan, mobil tersebut seperti tidak menggunakan bumper. Namun tetap kokoh.

Jika tampak dari samping, Peugeot 3008 terkesan bulat. Mobil seperti menggendong sesuatu di bokongnya. Sementara dari belakang, Anda tidak bakal menyangka kalau 3008 adalah crossover. Namun sekali lagi itu hanya gaya Eropa.

Memasuki kabin penumpang, pandangan mata sangat luas ke depan. Daerah black spot pun dapat diwaspadai dengan baik. Pendapat itu karena pengadopsian kaca depan yang terbuka lebar. Anda seperti berdiri di bagian dalam depan bus kota.

Sementara, ada pembatas di bagian tengah atau disebut console. Ternyata selain desain yang apik juga difungsikan sebagai cool box. Buka saja penutupnya, Anda bisa menjaga minuman agar tetap fresh.

Interior Peugeot 3008 ternyata segudang. Tengok saja, dari CD, Audio Aux in dan kompartemen lainnya untuk memanjakan penggunanya. Fitur entertainment itu Anda bisa operasikan lewat tuas yang terdapat di belakang kemudi sebelah kanan.

Selain itu ada fitur cruise control yang terletak di sisi kiri kemudi. Dari balik kemudi, Anda juga bisa menyesuaikan lampu spedometer. Dan penumpang belakang tidak perlu khawatir kepanasan.

Peugeot telah menyiapkan blower tambahan yang diletak di console tengah. Bagasi bisa diatur sesuai bawaan. Bisa 50 liter, 100 liter hingga 150 liter.

Kunci kontak pun dipelintir ke On. Mesin berkapasitas 1.598 cc VVT EP6CDT turbocharger 16 Valve yang mampu menghasilkan tenaga 156PS pada 5.800 rpm dan torsi 20Nm pada 1.400 rpm terdengar halus.

Pada console tengah, Anda bisa menyesuaikan pilihan i-drive. Terdapat D, M dengan menggeser tongkat persneling ke depan dan belakang ("+" dan "-") dengan 6 percepatan.

Dan S untuk Anda yang ingin merasakan mesin yang lebih responsif. Ada juga pilihan mode salju. Untuk menjalankan, Anda cukup menginjak rem dan menempatkan tuas di D. Setelah itu gas saja tanpa perlu merilis hand brake. Soalnya kerja komputer membaca jika mesin membutuhkan tenaga untuk jalan. Mudah bukan?

Ketika pedal gas dibejek, wah, mesin tidak seperti mesin berkapasitas 1.600 cc. Mesinnya sangat responsif berbeda dengan mesin crossover sekelas dari Jepang. Ketika diajak kebut, Peugeot tergolong mantap. Hingga kecepatan 170 km/jam, Peugeot 3008 tetap berada di jalurnya.

Untuk fitur keselamatan, Peugeot teraplikasi ABS, EBD, EBA, ESP dan 6 airbag di kabin penumpang.

Karakter suspensi memang agak keras tetapi mobil tetap tidak mengeluarkan gejala aneh. Namun, sayang ketika diajak bermanuver ke kiri dan kanan mobil tersebut sedikit berat. Kontur bodi yang gambot membuat laju mobil seperti goyang. Namun tidak terlalu besar dampaknya. Tol Lingkar Luar Jakarta sanggup dilahap Peugeot 3008 dengan sempurna.

Dan satu yang menarik dari Peugeot 3008, ketika melihat panel indikator bensin, rata-rata Peugeot minum 1 liter bensin untuk jarak 8,8 kilometer.

Dari fitur keselamatan hingga konsep mesin yang diusung juga belum mampu disaingi lawan. Nah, jika ingin memilikinya, siapkan budget lebih ya soalnya si crossover Singa ini cukup mahal, yakni Rp 429,9 juta di Jakarta. (/)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com