Menjajal Daihatsu Copen dan Mira e:S di Sirkuit Shiga

- detikOto
Kamis, 01 Des 2011 14:42 WIB
Shiga - Dua produk yang kini menjadi andalan Daihatsu adalah Copen dan e:S Mira. Dua-duanya mobil kompak dan kei car (mobil kecil) yang terus dikembangkan oleh Daihatsu Motor Co Ltd (DMC). Copen merupakan mobil kompak berdesain sporty dan e:S Mira merupakan mobil kompak yang irit bahan bakar.

Sejumlah wartawan yang berkunjung ke Pabrik Daihatsu di Shiga, Jepang berkesempatan menjajal dua mobil berkapasitas mesin 660 cc ini. Copen dijajal dengan test drive berkeliling beberapa lap di sirkuit. Sedangkan e:S Mira dijajal dengan cara test drive dan slalom di area yang lebih kecil. Hingga saat ini, dua mobil ini belum masuk pasar Indonesia

Copen

Desain mobil ini terlihat sporty dan menarik. Desain bagian depan dan bagian belakang hampir sama. Sekilas dari jauh, orang akan sulit membedakan mana bagian depan, mana bagian belakang. Saat dijajal, mobil ini ternyata nyaman dikendarai. Lebih enak kalau atap mobil dibuka.

Mobil dengan dua seat ini memiliki desain yang kompak dan berbentuk futuristik. Ada dua pilihan, transmisi manual dan otomatis. Atap mobil bisa dibuka dan ditutup. Sangat gampang untuk menutup atau membuka atap mobil. Pengemudi tinggal memencet tombol khusus di dekat kursi sopir.

Saat distarter, mobil yang sudah dilengkapi airbag di depan pengemudi dan penumpang ini memang bersuara mulus. Begitu gas diinjak, performa mobil ini memang terasa gagah dan bertenaga. Tarikan pertama mobil ini cukup baik dan mobil meluncur dengan gesit.

Mobil dicoba dipacu hingga 100 KM/jam dan terasa masih sangat nyaman. Hanya saja, saat mobil melewati aspal yang kurang mulus, goncangan masih terasa kuat. Secara umum, mobil ini nyaman dikendarai.

Karena memang dimaksudkan untuk mobil sporty, desain kursi, baik kursi penumpang maupun pengemudi memang dibuat menarik. Kursi dibalut dengan kulit yang berkualitas bagus.



Berikut spesifikasi Copen:

Kapasitas mesin: 660 cc
Tipe mesin: 4 cylinder 16 Valve DOHC
Model mesin: JB-DET
Panjang: 3.395 mm
Lebar: 1.475 mm
Tinggi: 1.245 mm
Jarak poros roda: 2.330 mm
Berat kosong: 840 kg
Kapasitas kursi: 2 orang
Kekuatan maksimum: 47 KW (64 PS)/6.400 rpm
Konsumsi bahan bakar: 18,0 km/liter
Harga di Jepang: 1,7 juta Yen (sekitar Rp 200 juta) untuk manual dan 2,08 juta Yen untuk matic.

Mira e:S

Mobil kecil berkapasitas penumpang 5 orang ini disebut oleh Daihatsu Motor Ltd, sebagai mobil yang irit bahan bakar. e:S dimaksudkan sebagai energi saving. Mobil ini menggunakan mesin konvensional, namun para insinyur Daihatsu memofidikasikasinya sehingga bisa lebih efisien.

Saat distarter, mobil berkapasitas 660 cc ini memang memiliki suara yang halus. Saat dicoba melaju, tarikan pertama mobil bertransmisi otomatis ini terasa kuat. Setirnya ringan, tempat duduk juga nyaman bagi sopir.

Stabilitas mobil juga terjaga saat perpindahan dari kecepatan tinggi menuju kecepatan rendah. Ketika dicoba di tikungan tajam, mobil ini memiliki performa yang baik.

Kelebihan mobil ini, bila mobil berhenti atau berkecepatan 0 KM/jam, maka otomatis mesin mati. Begitu mobil bergerak kembali, mesin otomatis menyala kembali. Mobil ini akan sangat berguna bila dalam kondisi macet atau lalu lintas stuck bisa mengurangi konsumsi BBM.

Saat dicoba dalam test drive kali ini, mobil ini memiliki konsumsi BBM yang sangat irit. Seharusnya, konsumsi BBM untuk mobil ini adalah 30 KM per liter. Namun saat dicoba di sirkuit Shiga dengan coba berjalan berkelak-kelok, konsumsi BBM sekitar 27,5 KM/liter.



Berikut spesifikasi Mira e:S:

Kapasitas mesin: 660 CC
Tipe mesin: 3 silinder Twincam
Berat mobil: 790 Kg
Konsumi BBM: 30 KM/liter
Kekuatan maksimum: 52 PS/ 6.800 rpm
Kapasitas kursi: 5 orang
Harga di Jepang: 995.000 Yen (Rp 110 juta)

(asy/syu)