Kantor Berjalan dalam VW Caravelle

- detikOto
Selasa, 16 Agu 2011 11:39 WIB
Jakarta - Tak bisa dipungkiri mobil VW Caravelle adalah sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) premium di Indonesia. Kendaraan ini ditujukan untuk para bos-bos berdasi yang suka dengan kemewahan dan kepraktisan.

Caravelle generasi terbaru di Indonesia memiliki 2 varian yakni Short Wheel Base dan Long Wheel Base. Dalam kesempatan test drive kali ini, detikOto mencoba Caravelle yang pendek saja alias Short Wheel Base.

Benar saja ketika berada di dalam, penumpang disuguhi dengan fitur mewah. Konsep sebagai mobile car sangat kental pada mobil yang bisa menampung 5 orang dewasa.

Seperti yang sudah dibahas, mobil ini sangat cocok untuk para bos. VW Caravelle hadir dengan konsep mobil multifungsi yakni kabin belakang yang bisa beralih fungsi menjadi ruang rapat.

Kabin VW Caravelle

 

Konsep captain seat pada kursi baris kedua (yang bisa diputar 360 derajat) dan ketiga memungkinkan para bos-bos membahas tentang masa depan perusahaan. Asyik bukan.

Sementara meja tengah (pemisah kursi tengah) bisa maju-mundur sehingga untuk melakukan rapat dadakan jika diperlukan. Jika tak memerlukannya, meja ini bisa digeser ke belakang mobil untuk memperluas kabin.

Pengaturan AC juga bisa dikendalikan dari kabin penumpang, jadi tidak menggangu aktivitas pengemudi. Kelebihan lain yang dimiliki VW satu itu adalah terdapat LCD 19 inci dan DVD player yang ditopang dengan 7 speaker aktif.

Mobil pun terus digeber oleh pak sopir melintasi kota Jakarta-Tangerang-Jakarta.

Sayang sepertinya VW harus membenahi suspensi McPherson strut depan dan Independent wishbone di belakang. Masalahnya suspensi agak keras sehingga mengurangi rasa kenyamanan. Bodi mobil pun terasa sedikit bergetar ketika melibas jalanan rusak.

Beruntung kenyamanan di dalam bisa didapatkan lewat fitur pengedap suara yang sangat handal yang telah dibuat pihak produsen. Suara bising tidak sampai masuk ke kabin penumpang. Sepertinya VW benar-benar memperhatikan keinginan para bos-bos yang tidak ingin ada suara berisik ketika mengadakan rapat.

Jadi penasaran dengan performa mesin 2.000 cc Turbo Direct Injection (BiTDi) 7-percepatan. Pak sopir yuk kita gantian!

Steering wheel VW Caravelle


detikOto pun duduk di atas kursi penumpang. Tidak ada yang wah untuk mobil berbanderol Rp 998 juta tersebut. Tampak standar layaknya mobil keluaran Jepang. Kursinya pun diaktifkan dengan manual. Asyiknya ketika berada di atas kursi penumpang, kami merasakan seperti bawa bus. Besar dan tinggi.

Saatnya membejek pedal gas. Meski tergolong mobil bongsor, mobil bisa berakselerasi cukup kencang. Wush...! mesin sangat responsif berkat pengaplikasian turbo. VW mengklaim tenaganya bisa mencapai 80 dk pada 4.000 rpm dan torsi 400 Nm 2.000 rpm ke roda depan.

Berhubung mobil keluarga, jadi bawanya agak santai dan tidak perlu menguji performa mesin terlalu ekstrem. Sehingga di tingkungan pun terasa lebih nyaman. Namun yang kami rasakan ketika spedometer menunjukkan angka 120 km/jam, mobil masih melaju dengan sangat nyaman.

VW Caravelle memiliki dimensi PXTXL (3,4 meter, 1.959 meter, 1,940 meter). Mobil ini telah diberkati dengan sistem keselamatan mobil standar seperti rem ABS, EBD, BA dan ESP sudah diaplikasikan untuk tetap menjaga mobil ini pada jalurnya.

Selain itu terdapat 6 airbag tersedia untuk penumpang depan juga belakang. Sementara kursi pada baris kedua bisa diubah menjadi booster seat untuk anak berumur 3 tahun ke atas.

Poin Plus:



  • Mesin 2.000 cc Turbo Responsif
  • Kabin penumpang sangat nyaman
  • Mobile car
  • Harga kompetitif
Poin Minus

  • Suspensi keras
  • Kulit kursi keras
  • Pengaturan kursi penumpang depan manual

Spesifikasi teknis



  • Mesin: 2.000 cc BiTDI (Turbo Direct Injection)
  • Daya 180 hp pada 4.000 rpm
  • Torsi 400 Nm pada 2.000 rpm
  • Transmisi 7 speed
  • Wheels 17 inci
  • Kapasitas tangki 80 liter
  • Konsumsi BBM 7,5 liter per 100 km
(ddn/ddn)