Berapa Harga Motor WSBK?

ADVERTISEMENT

Berapa Harga Motor WSBK?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 15 Nov 2022 10:30 WIB
Pembalap tim Aruba.It Racing-Ducati Alvaro Bautista (kiri) mencium motornya dekat pebalap tim Pata Yamaha With BRIXX Toprak Razgatlioglu (kanan) usai menyelesaikan Race 1 WSBK 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Toprak Razgatlioglu tampil dominan dan berhasil memenangi balapan pertama (Race 1) dan sekaligus balapan ke-900 bagi World Superbike (WSBK) yang berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom.
Motor Yamaha R1 WSBK (Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Jakarta -

Motor World Superbike (WSBK) merupakan motor produksi massal yang juga dijual ke publik. Tapi ternyata perbedaan part antara motor WSBK dengan motor produksi massal banyak juga lho!

Sarah Byles, Sponsorship and Marketing Manager Pata Yamaha with Brixx WorldSBK menjelaskan harga motor Yamaha R1 di dealer Eropa ketika turun ke lintasan World Superbike akan menjadi 7 kali lipat.

Sebab untuk turun di ajang WSBK ditambah proses modifikasi agar bisa dipakai dalam lomba, tim bisa menghabiskan anggaran sekitar 150 ribu euro (2,4 miliar).

"Perbedaannya sangat banyak dibanding R1 yang dijual di pasaran, di Eropa Yamaha R1 sekitar 20.000 Euros (Rp 320 jutaan), tapi untuk membangunnya hanya part-nya saja (balapan di WSBK) tidak termasuk technical support, technical development, harga sekitar 150.000 euros (Rp 2,4 miliar)," jelas Sarah saat ditemui di paddock Pata Yamaha with Brixx WorldSBK akhir pekan lalu.

Sarah juga menjelaskan pebalap bisa menghabiskan enam hingga tujuh mesin untuk satu musim penuh. Selain itu ada maksimal jarak tempuhnya, kalau sudah diambang batas maka mesin harus diganti.

"Di hari jumat (sesi latihan bebas) kita menggunakan mesin lama, lalu menggunakan mesin baru pada saat balapan di akhir pekan," kata Sarah.

"Segala hal di motor ada jarak tempuhnya, kita bisa tahu sudah berapa putaran, berapa jarak kilometer yang sudah dilalui, misalnya untuk mesin kita hanya menggunakan mesin sejauh 1.500 kilometer. Setelah itu disegarkan (mengganti mesin yang baru)," tambah dia.

"Ini alasan keamanan dari Yamaha Jepang untuk menggunakan mesin maksimal 1.500 kilometer saja," tuturnya.

Perbedaan lain antara WSBK dan MotoGP ialah setiap balapan hanya boleh menggunakan satu motor. Misalnya, ketika balapan dari kering menjadi hujan maka mekanik harus bersiap mengganti ban.

"Kita punya motor utama untuk setiap pebalap, dan satu motor identik untuk setiap pebalap," kata Sarah.

"Berbeda dengan MotoGP, kita hanya boleh menggunakan satu motor ketika sesi balapan," tambah dia.



Simak Video "30 Ribu Tiket WSBK Sudah Terjual, 70% Penonton dari NTB"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT