Begini Tanggapan Jokowi soal Pembangunan Sirkuit Balap di IKN Baru

ADVERTISEMENT

Begini Tanggapan Jokowi soal Pembangunan Sirkuit Balap di IKN Baru

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Rabu, 19 Okt 2022 16:06 WIB
Presiden Jokowi dalam acara Ibu Kota Nusantara: Sejarah Baru Peradaban Baru di Djakarta Theater
Jokowi buka suara soal pembangunan sirkuit baru di IKN. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Jokowi mengaku telah mendengar bisikan Ketua MPR RI sekaligus Ketum IMI (Ikatan Motor Indonesia), Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengenai pembangunan sirkuit balap anyar di Ibu Kota Negara atau IKN Baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menurut Jokowi, sah-sah saja jika ada pihak yang ingin membangun sirkuit di IKN baru. Itulah mengapa, sebagai pemimpin negara, dia memberi restu kepada Bamsoet dan IMI.

"Ini Pak Ketua MPR ini juga kaya raya mau bikin sirkuit. Tadi bisik-bisik di dekat saya tadi, Pak boleh saya bikin sirkuit? Kenapa tidak?" ujar Jokowi dalam acara Pre Market Sounding Proyek IKN yang berlangsung di Jakarta, Selasa kemarin, dikutip dari detikFinance.

Bamsoet sendiri turut hadir bersama sejumlah tokoh lain di lokasi. Sementara di kesempatan tersebut, Jokowi kembali mengingatkan investor untuk tak ragu lagi investasi di IKN baru. Sebab, payung hukumnya sudah jelas, yakni Undang-undang Nomor 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Foto udara jalur logistik dan material khusus untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di pelabuhan masyarakat Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (10/10/2022). Kementerian Perhubungan menetapkan empat pelabuhan yang ada di Kecamatan Sepaku sebagai pelabuhan khusus pengiriman material dan logistik pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, salah satunya di wilayah Bumi Harapan dan Trunen. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.Ilustrasi pembangunan infrastruktur di IKN baru. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Jokowi juga mengaku terus mengebut pembangunan IKN baru di Kaltim. Beberapa proyek seperti bendungan, jembatan, dan infrastruktur jalan sudah dimulai. Rumah untuk para pekerja di IKN juga sudah dikerjakan.

"Sekarang saya (tinggal) menunggu investasi dari para investor, dari private sektor," ungkapnya.

Transportasi Canggih di IKN Baru

Lebih jauh, Jokowi juga turut bicara mengenai transportasi umum dan pribadi di IKN baru. Dia memastikan, hanya kendaraan listrik saja yang boleh digunakan di sana.

Menurutnya, IKN baru akan mengusung konsep Smart City and Smart Living. Sehingga, kendaraan yang digunakan harus ramah lingkungan dan identik dengan masa depan. Sementara sumber energi yang dipakai berasal dari renewable industri.

"80 persen sumber energinya adalah berasal dari renewable industri. Mobil di sana nanti harus mobil listrik," ungkapnya.

Bus Otonom di Asian GamesIlustrasi kendaraan otonom. Foto: Rizki Pratama

Selain kendaraan pribadi berbasis listrik, Jokowi juga menekankan, transportasi umum yang kelak beredar di IKN baru hampir seluruhnya sudah otonom alias tanpa sopir.

"Kemudian 80 persen transportasi umum adalah Autonomous Vehicle tanpa awak dan tanpa sopir," kata Jokowi.



Simak Video "Masyarakat Melayu-Banjar Berikan Dukungan Pembangunan IKN ke Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT