Banyak Aspal Terkelupas, Sirkuit Sentul Dikeluhkan

ADVERTISEMENT

Banyak Aspal Terkelupas, Sirkuit Sentul Dikeluhkan

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 31 Agu 2022 18:56 WIB
Gelaran Indonesia CBR Raceday (ICE day) 2019 sudah dimulai! Beberapa pebalap mulai memasuki lintasan Sirkuit Internasional Sentul.
Lintasan di Sirkuit Sentul. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kondisi permukaan di lintasan Sirkuit Sentul dikeluhkan pebalap yang bersaing ajang Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race 2022. Banyak dari pebalap yang berlaga pada seri kedua ajang tersebut menyebut sejumlah titik di Sirkuit Sentul masih rusak. Namun kondisi ini dinilai sudah lebih baik ketimbang balapan seri pertama yang digelar pada Juni 2022

"Saya cukup khawatir sepanjang balapan karena aspal sirkuit terkelupas dan banyak pasir. Saya hampir terjauh ketika memasuki tikungan delapan dan sembilan," kata pebalap Dr Jack Zyrof47 Racing Team Arai Agaska Dibani Laksana yang menjadi juara kelas All New R1 Idemitsu Junior Pro seperti dikutip antaranews.

Selain Arai, keluhan juga datang dari pebalap lain yakni Felix Putra Mulya. Felix yang menempati posisi kedua mengeluhkan soal aspal Sirkuit Sentul yang terbilang membahayakan.

"Sangat sulit balapan dengan kondisi aspal terkelupas. Saya mencoba berhati-hati, tapi Arai sangat berani dengan mengambil dari sisi dalam," katanya.

Keluhan belum habis sampai di situ. Gilang Akbar Roland yang turun di kelas Pro 150 bersama tim Yamaha Yamalube KYB SRG HDS Racing juga menyebut kondisi aspal sirkuit cukup menyulitkan pebalap. Meski begitu, Gilang tetap bisa finis di posisi kedua tepat di belakang Gupita Kresna.

"Kunci naik podium sabar dan fokus. Sedangkan kendalanya ada pada sirkuit yang masih rusak, jadi agak susah buat maju ke depan," tutur Gilang.

Sejak pertama kali diresmikan tahun 1992, Sirkuit Sentul masih terus beroperasi hingga saat ini. Ada sejumlah ajang balapan yang digelar di Sirkuit Sentul. Sirkuit Sentul juga bahkan sempat menjadi tempat balapan MotoGP pada tahun 1997. Lokasinya yang strategis dekat dengan Ibu Kota menjadi kelebihan tersendiri untuk Sirkuit Sentul.

Namun semakin ke sini, tidak banyak balapan kelas internasional yang digelar di Sirkuit Sentul. Ada sejumlah pihak yang menyebut kondisi Sirkuit Sentul tidak layak menggelar balapan.

Rencananya, Sirkuit Sentul bakal dipugar dan menjadi West Java Sentul International Circuit dan diharapkan bisa kembali menggelar ajang balap internasional..



Simak Video "AHY Tiba di SICC Sentul Jelang Pelantikan DPC Demokrat Jawa Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT