ADVERTISEMENT

Mandalika Tak Masuk Jadwal Tes Pramusim MotoGP, Ini Penjelasan MGPA

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Rabu, 10 Agu 2022 10:36 WIB
Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.
Foto: Mandalika tak jadi tuan rumah tes pramusim MotoGP 2023 (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)
Jakarta -

Mandalika Grand Prix Association atau MGPA akhirnya buka suara soal Sirkuit Mandalika yang absen dari jadwal tes pramusim MotoGP 2023. Menurut MGPA, keputusan tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama dengan pihak Dorna.

Diketahui, baru-baru ini Dorna merilis jadwal tes pramusim untuk MotoGP 2023. Namun, di dalamnya, tak ada nama Sirkuit Mandalika. Padahal, tahun 2022 Mandalika menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP setelah Sepang, Malaysia.

Berdasarkan jadwal sementara yang dirilis MotoGP, Sirkuit Mandalika digantikan Sirkuit Portimao, Portugal, yang akan menemani Sikruit Sepang, Malaysia, sebagai tuan rumah tes pramusim tahun depan.

Wakil Direktur Utama MGPA, Cahyadi Wanda mengatakan, Mandalika sebelumnya ditunjuk sebagai lokasi tes pramusim lantaran sirkuit tersebut masih baru.

"Tes pramusim itu kan memang Dorna yang menunjuk kita tahun lalu, karena ini (Mandalika) sirkuit baru. Jadi, pramusim dipakai untuk rehearsal (latihan) sebelum MotoGP sebenarnya," ujar Cahyadi kepada detikOto, Rabu 10 Agustus 2022.

Kini, menurutnya, Sirkuit Mandalika bukan lagi lintasan baru. Sehingga, Dorna tak lagi memilihnya sebagai venue atau lokasi digelarnya tes pramusim MotoGP 2023.

"Sekarang kita dianggap sudah berpengalaman, jadi memang kita musim depan tidak lagi menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP," tegasnya.

Lebih jauh, Cahyadi menambahkan, untuk menggelar tes pramusim, tak ada kontrak yang harus disepakati. Sehingga, absennya Sirkuit Mandalika murni keputusan bersama.

"Tidak ada kontrak untuk itu. Ini (absennya Mandalika dari tes pramusim) berdasarkan keputusan bersama," terangnya.

Saat ini, Sirkuit Mandalika masih dalam proses perawatan jelang World Superbike (WSBK) yang digelar November 2022. Kabarnya, ada sejumlah titik di lintasan yang perlu pengaspalan ulang.

"Sampai sekarang, semuanya berjalan sesuai target," kata dia memastikan.



Simak Video "Siapin Tabungan! Ini Bocoran Jadwal MotoGP Mandalika 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT