ADVERTISEMENT

54 Hari Kelar! Pembangunan Sirkuit Formula E Jakarta Tercepat di Dunia

Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 01 Jun 2022 06:31 WIB
Jakarta -

Sirkuit Ancol yang akan menjadi tuan rumah Formula E Jakarta sudah hampir sempurna. Menariknya, pembangunan sirkuit ajang balap mobil kelas dunia ini hanya memakan waktu kurang dari dua bulan dan menjadi pembangunan sirkuit tercepat di dunia.

"Ini total untuk pembangunan sirkuit sendiri memakan waktu 54 hari. Makanya dikategorikan tercepat di dunia," ujar Ahmad Sahroni selaku ketua organizing committee Formula E Jakarta kepada detikOto pada Rabu (25/5/22).

Dalam foto yang dipotret pada tanggal 25 Mei 2022, terlihat sejumlah pekerja beraktivitas di area Sirkuit Formula E, Jakarta.Dalam foto yang dipotret pada tanggal 25 Mei 2022, terlihat sejumlah pekerja beraktivitas di area Sirkuit Formula E, Jakarta. Foto: Pradita Utama

Kendati dikerjakan dengan waktu yang cepat, pembangunan sirkuit Formula E ini sudah sesuai dengan standar dan tetap mengedepankan kualitas.

"Kalau lihat yang sebelah kiri itu VVIP Royal Suite dan ini paddock area (sambil menunjuk ke arah kanan), bayangin bisa secepat ini mereka bangun. Begitu juga dengan persiapan VVIP Royal Suite. Jadi memang mereka sudah professional di bidangnya, terkait dengan apa yang mereka kerjakan," papar Sahroni.

Sahroni mengatakan, total ada 800 pekerja yang turun tangan untuk mengerjakan sirkuit yang berlokasi di Jakarta Utara ini. Pekerja tersebut bekerja tanpa henti, hingga malam hari.

Menariknya, tak seperti Sirkuit Mandalika yang berkali-kali menjalani homologasi untuk MotoGP, sirkuit Formula E Jakarta ini baru akan melakukan homologasi pada hari H pelaksanaan Formula E.

"Homologasi pada hari H-nya langsung. Karena secara teknis sebenarnya, di aturan mereka, FIA dan FEO sudah menyepakati dengan event yang ada. Dengan spesifikasi yang sudah disetujui, dan masa pada mau balapan mulai, homolagasi itu masuk," papar Sahroni.

Perlu diketahui, Sirkuit Internasional Formula E Jakarta dibangun di kawasan Pantai Karnaval Ancol, yakni di sisi selatan Ancol Beach City (ABC) Mall.

Secara desain, Sirkuit Internasional Formula E Jakarta ini memiliki bentuk seperti kuda lumping. Adapun panjang lintasannya 2,4 kilometer, lebarnya 12 meter, dan jumlah tikungannya 18.

(mhg/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT