ADVERTISEMENT

Vinales Nggak Ngeluh di MotoGP Mandalika: Hari Terbaik Sejak Gabung Aprilia

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 26 Mar 2022 14:33 WIB
Maverick Vinales
Maverick Vinales di Sirkuit Pertamina Mandalika Foto: Dok. Aprilia
Jakarta -

Maverick Vinales tidak mencetak poin dalam gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia. Tetapi 'Papa Nina' menuturkan, seri MotoGP Mandalika merupakan balapan terpenting bagi karirnya sejak bergabung dengan Aprilia.

Balapan MotoGP Mandalika berlangsung dalam kondisi wet race. Maverick Vinales yang start dari posisi 20 berhasil menuntaskan balapan dengan finis di tempat ke-16. Atas hasil ini Vinales tidak mendapat tambahan poin.

Rekan setimnya di Aprilia, Aleix Espargaro mendapat hasil lebih baik. Rider Spanyol ini finis di tempat ke-9 dari start peringkat 10.

Alih-alih menyalahkan Aprilia RS-GP, Vinales justru bilang balapan di Mandalika ialah hari terbaiknya sejak bergabung dengan pabrikan asal Italia ini.

"Meskipun hasilnya tentu bukan yang kami inginkan, itu adalah akhir pekan yang positif," kata Vinales dikutip dari situs MotoGP, Sabtu (26/3/2022).

Mantan rider Yamaha ini merasakan makin nyetel dengan RS-GP. Alasannya, dia jadi runner up saat sesi warm up lap MotoGP Mandalika. Dia juga merasa nyaman dengan Aprilia RS-GP saat balapan dalam kondisi hujan.

"Hari itu mungkin adalah perkembangan yang paling penting bagi saya sejak gabung Aprilia karena kami menemukan pengaturan yang sangat bagus, sehingga saya bisa cepat dalam sesi pemanasan, dan saya merasa nyaman bahkan dalam kondisi basah," terang Vinales.

Dia tidak menampik bahwa race di Mandalika salah satu yang tersulit. Bahkan di awal-awal balapan visibilitas sangat minim karena cipratan air.

"Balapan bertahan hidup di awal, Anda tidak bisa melihat motor di depan, jadi itu sangat sulit. Saya kehilangan 15 detik dalam empat lap, jadi itu cukup sulit," tutur Vinales.

"Namun di akhir balapan, saya menemukan ritme yang bagus, waktu putaran saya juga bagus. Saya senang dengan hasil pekerjaan yang kami lakukan di sini. Kami selangkah lebih dekat ke yang terbaik setiap putaran," sambung dia.

"Saya tidak sabar untuk pergi ke Argentina untuk melanjutkan tren positif ini," pungkas rider berusia 27 tahun ini.

Saat ini Maverick Vinales berada di peringkat ke-11 klasemen sementara MotoGP 2022. Dia baru mendapatkan 4 poin yang dicetak dari seri Qatar.

Aleix Espargaro berada di posisi ke-7. Dia mengumpulkan 20 poin setelah dua kali finis di peringkat 9 pada MotoGP Qatar dan Mandalika.

Selepas MotoGP Indonesia, race MotoGP 2022 akan bergulir di benua Amerika dan Eropa. Barulah menjelang akhir tahun ada rangkaian seri-seri lainnya di Asia, diawali di Jepang pada 25 September.

MotoGP 2022 rencananya akan tuntas pada 6 November di Sirkut Ricardo Tormo, Valencia, pada 22 November.



Simak Video "Podium Perdana Maverick Vinales Bersama Aprilia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT