ADVERTISEMENT

Sempat Diguyur Hujan, Ada Sejumlah Genangan Air di Gravel Sirkuit Pertamina Mandalika

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 19 Mar 2022 14:50 WIB
Spanish rider Marc Marquez of the Repsol Honda team, right, look to Italian rider Francesco Bagnia of Ducati Lenovo Team, left, during third free practice at Pertamina Mandalika Circuit in Mandalika, Lombok Island, Indonesia, Saturday, March 19, 2022. (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Ilustrasi sirkuit Mandalika Foto: AP/Achmad Ibrahim
Jakarta -

Hari ini seluruh pebalap MotoGP akan kembali tampil di Sirkuit Pertamina Mandalika untuk mengikuti sesi latihan bebas ketiga (FP3) dan babak kualifikasi. Namun, pagi ini cuaca di Lombok sempat diguyur hujan dan menimbulkan sejumlah genangan air di beberapa titik gravel.

Saat sesi latihan bebas ketiga dimulai pada Sabtu (19/3/2022) pagi WIB, cuaca di sekitar Sirkuit Pertamina Mandalika diguyur hujan. Hal ini kemudian juga berpengaruh terhadap kondisi lintasan yang basah.

Sesi latihan bebas ketiga dimulai dari kelas Moto3 terlebih dahulu. Masih dalam kondisi trek yang basah, beberapa pebalap akhirnya terjatuh dan tergelincir ke gravel.

Pebalap Moto3 yang terjatuh adalah Elia Bartolini. Ia tergelincir bersama motornya hingga ke gravel saat memasuki tikungan kelima. Yang menjadi perhatian, saat motor Bartolini tergelincir nampak sejumlah genangan air yang berada di gravel, alhasil saat motor Bartolini terpental muncul percikan air dari gravel tersebut.

Usai sesi latihan bebas Moto3 selesai, kini dilanjutkan oleh pebalap dari kelas Moto2. Dari cuitan di akun Twitter MotoGP @MotoGP, saat itu kondisi hujan sudah mulai reda namun kondisi trek masih basah.



Saat sesi FP3 Moto2 berlangsung ada satu pebalap yang juga terjatuh, yakni Zonta van den Goorbergh. Ia terjatuh di tikungan yang sama saat Elia Bartolini tergelincir, yaitu tikungan kelima.

Beruntung, Zonta dan motornya tidak mengalami kecelakaan yang begitu parah seperti yang dialami Elia Bartolini. Namun, Zonta tetap tergelincir ke gravel bersamaan dengan motor balapnya.

Dari tayangan ulang, pada bagian gravel tikungan kelima masih ditemukan sejumlah genangan air. Diyakini genangan tersebut belum sepenuhnya hilang meski hujan sudah berhenti mengguyur.



Saat 11 menit jelang FP3 Moto2 selesai, hujan dinyatakan sudah reda dan kondisi trek mulai mengering. Beruntung, saat pebalap di kelas MotoGP tampil pada sesi latihan bebas ketiga, tidak ada pebalap yang terjatuh dan kondisi lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika tampak kering.

Pada sesi latihan bebas ketiga MotoGP dalam ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022, Marc Marquez berhasil menempati posisi pertama. Sementara di posisi kedua dihuni oleh rider Ducati, Francesco Bagnaia.

Menyusul di belakang Bagnaia ada dua pebalap dari tim balap milik Valentino Rossi, yakni Marco Bezzecchi dan Luca Marini yang menempati posisi ketiga dan keempat. Setelahnya ada Alex Rins di posisi kelima, Pol Espargaro di urutan keenam, dan Jack Miller menempati posisi ketujuh.



Simak Video "Menhub Prediksi Malam Ini Puncak Lonjakan Arus Balik Penonton MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT