ADVERTISEMENT

Cuma Ada Waktu 4 Minggu, Yakin Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Bisa Tepat Waktu?

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 16 Feb 2022 19:10 WIB
Jakarta -

Sirkuit Mandalika akan diaspal ulang di beberapa bagian yang lapisannya terkelupas, sehingga memunculkan banyak kerikil. Pengaspalan ulang sirkuit ini harus selesai seminggu sebelum penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Seperti apa proses pengerjaannya dan apakah pihak kontraktor optimistis bisa kelar tepat waktu?

Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (PP), Novel Arsyad, mengatakan proses pengaspalan ulang ini akan dilakukan semaksimal mungkin, sesuai dengan standar yang ditentukan otoritas penyelenggara MotoGP.

"Kita tak tanggung-tanggung melakukannya. Pertama kita akan melakukan pengelupasan pada lapisan aspal teratas kurang lebih 4 cm dan langsung kita bersihkan untuk kita lakukan aspal ulang," ujar Novel dalam Press Briefing Paska Mandalika MotoGP Official Test dan menyambut Pertamina Grand Prix of Indonesia, Rabu (16/2/2022).

Novel kembali menegaskan bahwa proses pengaspalan ulang ini tidak dilakukan di seluruh lintasan utama, melainkan hanya di beberapa titik saja. "Jadi kurang lebih sekitar 15%-17,5% dari lintasan. Tidak semua. Karena semuanya sudah dicek dan itu sesuai semua, jadi yang kita lakukan (pengaspalan ulang) mulai tikungan 16,5 sampai dengan tikungan 5,5," jelas Novel.

Lanjut Novel menambahkan, saat ini mesin AMP atau Asphalt Mixing Plant sudah siap di Lombok. Sementara beberapa material lain juga sedang proses pengiriman dari sejumlah wilayah. Proses pengiriman beberapa alat pun menggunakan pengawalan dan moda transportasi khusus untuk mempercepat distribusi ke Mandalika.

"Kami berkomitmen untuk membuat kualitas yang terbaik dengan waktu yang secepat mungkin. Untuk meyakinkan bapak/ibu (rekan) media, semua alat sudah berangkat sejak tanggal 15 dan dikawal khusus dari kepolisian dan kapal untuk menyeberang pun kami sewa khusus, yang tidak ikut dengan kapal umum, supaya bisa segera sampai di Lombok. Dan material seperti batu pecah dari Palu, itu sudah kami siapkan tongkangnya, dan mungkin sore ini sudah bisa sandar di Palu untuk bisa kita muat sesuai kebutuhan yang ada," katanya lagi.

"Tentunya semua material itu kita approved by RIM, sesuai dengan standar. Kami tidak akan merubah-rubah spesifikasi atau mengganti spesifikasi, karena semua on spesification dan kelas kita sebagai kontraktor yang cukup besar, kami pun ingin memberikan kualitas yang terbaik, sehingga harapannya dalam minggu depan ini kami sudah mulai bisa bekerja di lapangan," sambungnya.

PT PP menargetkan pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika bisa selesai selambat-lambatnya pada 10 Maret atau seminggu sebelum penyelenggaraan MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT