Pebalap Cilik RI Ikut 3 Kejuaraan Karting Internasional di Italia

Erika Dyah - detikOto
Rabu, 12 Jan 2022 21:20 WIB
Pebalap cilik Indonesia Qarrar Firhand Ali
Foto: MPR
Jakarta -

Pebalap cilik Indonesia Qarrar Firhand Ali akan terbang ke Italia pada Rabu malam untuk mengikuti 3 kejuaraan karting internasional. Adapun ketiga kejuaraan tersebut antara lain, World Karting Series Championship 2022, Italian Championship Karting Series 2022, dan ROK Cup Championship 2022.

Prestasi anak berusia 11 tahun yang akan berlaga di 3 kejuaraan tersebut turut mendapatkan dukungan dari Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Tak hanya itu, Qarrar juga mendapatkan dukungan dari PT Telkomsel, PT Pertamina Tbk (Persero), Bank BJB, dan CRK Motorsport.

"Selama di Italia, Qarrar dilatih Mirko Square Zoni dalam Intrepid Driver Program yang telah melahirkan banyak pebalap Formula 1, seperti Mark Verstappen (Red Bull) yang menjadi Juara Dunia F1 2021, Charles Leclerc (Ferrari), George Russell (Williams Racing), dan Alex Albon (Red Bull)," kata Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (12/1/2022).

Bamsoet mengungkap, pelatih Mirko yakin dalam 3-4 tahun ke depan Qarrar bisa beranjak ke jenjang balap yang lebih tinggi jika konsisten berlatih meningkatkan kemampuannya.

"Termasuk mengikuti tes Formula 1. Selama di Italia, berbagai progres latihan Qarrar juga akan dishare ke berbagai tim Formula 1. Sehingga mereka bisa mengetahui perkembangan day to day progres kemampuan balap Qarrar," tambahnya.

Dalam Press Conference Qarrar Firhand Ali Road to Italy yang digelar di Kantor IMI Pusat, Bamsoet menjelaskan bahwa Italia merupakan salah satu kiblat kejuaraan balap otomotif dunia. Berbagai pabrikan/manufaktur otomotif berada di Italia, sehingga menurutnya tidak salah jika Qarrar memilih Italia sebagai tempat mengasah kemampuan balapnya.

"Qarrar telah menjadi tumpuan olahraga balap otomotif Indonesia. Mengikuti jejak para pendahulunya, seperti Rifat Sungkar, Ananda Mikola, Rio Haryanto, hingga Sean Gelael. Sosok Qarrar juga memberikan kepastian bahwa di masa depan Indonesia tidak akan kehabisan talenta balap yang mampu mengharumkan nama Indonesia," jelas Bamsoet.

Bamsoet pun menerangkan, Qarrar mewarisi darah balap dari ayahnya, Firhand Ali yang pernah meraih Juara 3 Asia dan peringkat 17 dunia. Ia menambahkan, kesuksesan sang Ayah akan kembali dilanjutkan oleh Qarrar yang memulai debut balap pada tahun 2018 di Kejuaraan Nasional Eshark di Sentul, serta mampu finish kedua di kelas Cadet.

Kemudian, Qarrar juga menjadi Juara Nasional Gokart kelas Mini selama dua tahun berturut-turut pada 2020 dan 2021. Selain itu, Qarrar juga telah mengukir berbagai prestasi di tingkat internasional. Salah satunya, Juara 1 Cadet Rok Overall Asia Rok Cup Round 1 dan Round 4 di Singapura tahun 2019.

"Pada tahun 2020, Qarrar sempat mengikuti beberapa putaran balap di Rok Cup Italia, dan menjadi juara di kelas Mini Rok Cup Italia di 7 Laghi Sirkuit. Berbagai pengalaman tersebut menjadi bekal kuat bagi Qarrar selama mengikuti berbagai kejuaraan karting internasional di Italia, sehingga akhirnya bisa menembus Formula 1," pungkas Bamsoet.

Sebagai informasi, kegiatan Press Conference ini turut dihadiri oleh Ayah Qarrar, Firhand Ali serta pengurus IMI Pusat lainnya, seperti Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar, Wakil Ketua Umum IT dan Digital Tengku Irvan Bahran, Komunikasi dan Media Dwi Nugroho dan Hasby Zamri, Hubungan Antar Lembaga Andrys Ronaldi, serta Direktur IT and Digital Marketing Teuku Sultan Azwar. Hadir pula General Manager Digital Brand Telkomsel Andrew Mamahit, perwakilan Bank BJB Tino dan Toga, serta CEO CRK Motorsport Chandra Kurniawan.

(fhs/din)