ADVERTISEMENT

Gubernur NTB Sebut Persiapan MotoGP Masuk Masa Kritis, Ini Kunci Suksesnya

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 02 Jan 2022 09:38 WIB
Ajang World Superbike sukses digelar di sirkuit Mandalika Lombok NTB pada November lalu. Di bulan Maret 2022, sirkuit kebanggaan Indonesia itu bakal masuk dalam kalender MotoGP 2022. Mandalika terus berbenah.
Di bulan Maret 2022, sirkuit kebanggaan Indonesia itu bakal masuk dalam kalender MotoGP 2022. Mandalika terus berbenah.Foto: Rachman_punyaFOTO.
Jakarta -

Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP 2022. Setidaknya dua bulan lagi MotoGP Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan digelar.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyebut, persiapan jelang MotoGP 2022 di bulan Maret menjadi momen yang sangat kritis. Sebab, ini adalah pengalaman pertama NTB dan Indonesia menggelar MotoGP.

"Persiapan pre-season balapan MotoGP pada minggu kedua Februari sangat critical. Karena selain logistik yang lebih besar, pembalap dan timnya akan menguji sirkuit baru sehingga kesiapan ini akan menentukan suksesnya main event MotoGP," ujar Zulkieflimansyah dikutip dari situs Pemprov NTB.

Untuk menyikapinya, Zulkieflimansyah meminta koordinasi intensif para stakeholder terkait evaluasi dan pembenahan.

"Misalnya host balapan yang sudah tidak lagi dipegang oleh Mandalika GrandPrix Association tapi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) sehingga koordinasi soal Marshall balapan seperti di WSBK (World Superbike) kemarin harus dibahas lagi," katanya.

Dia juga memastikan pembenahan infrastruktur lingkar sirkuit untuk mendukung gelaran MotoGP. Itu termasuk pelebaran jalan dan penataan kawasan, kesiapan destinasi pariwisata, akomodasi, transportasi dan promosi mengingat dampak gelaran MotoGP bagi pariwisata NTB dan Indonesia. Ia mengingatkan pelaku bisnis mulai dari perjalanan wisata sampai hotel memanfaatkan peluang dan tetap menjaga citra pelayanan prima.

"Rate harga-harga tidak terlampau mahal, tapi harus menguntungkan untuk bisnis lokal begitu juga dengan masyarakat kita", katanya.

Perwakilan ITDC, Arie Prasetyo menjelaskan, pihaknya tengah mengerjakan tribun penonton Grandstand premium dan reguler berkapasitas 27.690 tempat duduk, VIP Village berkapasitas 2.128 tempat duduk serta penambahan area paddock. Sedangkan tiket rencananya akan dijual terpusat di ITDC.

"Jumlahnya sendiri proyeksinya 63.834 tiket perhari untuk tiga hari penyelenggaraan mulai 18 Maret", sebut Arie.

Lanjut Halaman Berikutnya: Tuan Rumah Balapan Dunia selain MotoGP



Simak Video "Warga Serbu Bukit Tonton Langsung MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT