ADVERTISEMENT

IMI Akan Gelar Kejurnas Balap Motor Bebek Piala Presiden di Sentul

Nada Zeitalini - detikOto
Rabu, 01 Des 2021 05:43 WIB
MPR
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo memastikan penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor Bebek Piala Presiden akan diselenggarakan pada 11-12 Desember 2021. Ajang balap tersebut akan diadakan di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kejurnas nantinya akan mempertandingkan empat kelas, yakni bebek 4 tak tune up 150cc expert, bebek 4 tak tune up 150cc novice, bebek 4 tak standart 150cc rookie, dan bebek 4 tak standart 150cc beginner. Namun Bamsoet menjelaskan ajang tersebut tak hanya sekedar merebutkan piala, melainkan juga mempererat tali persaudaraan.

"Kejurnas Balap Motor Bebek Piala Presiden RI akan diikuti klub-klub motor dari sekitar 34 provinsi di Indonesia. Melalui kejuaraan ini, selain sebagai pembinaan bagi para pembalap, juga untuk semakin merekatkan rasa persaudaraan antar provinsi. Melalui olahraga, kita merajut kebersamaan dalam bingkai sportivitas. Sehingga yang dikejar tidak semata kemenangan di lintasan balap, melainkan juga menciptakan keharmonisan antar sesama anak bangsa," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (30/11/2021)

Bamsoet menambahkan, kejuaraan balap motor bebek juga menjadi persembahan keluarga besar IMI kepada para pencinta motor bebek dan kepada para pencinta balap. Sekaligus sebagai bentuk memfasilitasi kalangan muda yang selama ini gemar melakukan balapan liar di jalan raya, untuk unjuk gigi di lintasan sirkuit secara resmi. Dari kejuaraan tersebut nantinya diharapkan dapat menjaring bibit unggul yang bisa dikembangkan lebih jauh, menjadi atlet balap yang membanggakan Indonesia.

"Pemenang kejuaraan akan didorong menjadi perwakilan Indonesia dalam kejuaraan bergengsi Asia Road Racing Championship 2022. Di bawah bendera Indonesia Racing Team, asuhan Putra Rizky, pengusaha sekaligus Wakil Sekretaris Jenderal IMI Pusat yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan olahraga balap motor Indonesia," tutur Bamsoet.

Ia juga menerangkan, penyelenggaraan tersebut juga menjadi wujud nyata dukungan IMI terhadap keberadaan kawasan Sirkuit Internasional Sentul sebagai Pusat Olahraga Otomotif Indonesia. Oleh sebab itu, IMI juga mendorong pengembangan Sirkuit Internasional Sentul untuk melakukan renovasi total terhadap berbagai sarana dan prasarana. Sehingga bisa turut menyelenggarakan ajang bergengsi seperti MotoGP hingga Formula One.

"Diresmikan pada tahun 1992, Sirkuit Internasional Sentul termasuk yang tertua di kawasan Asia Tenggara dan Asia. Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia saja diresmikan pada 1999. Sirkuit Jalan Raya Marina Bay, Singapura pada tahun 2008. Serta Sirkuit Internasional Buriram, Thailand pada tahun 2014. Keberadaannya harus senantiasa didukung, karena di sirkuit inilah pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan bergengsi dunia seperti World Superbike pada tahun 1994,1995,1996, dan 1997; MotoGP pada tahun 1996 dan 1997; A1 Grand Prix pada 2005-2006 dan 2006-2007; serta Asia Talent Cup pada 2014," pungkas Bamsoet

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT