Fabio Quartararo Juara Dunia MotoGP 2021, Dapat Berkah dari Kecelakaan Bagnaia

Tim Detikcom - detikOto
Minggu, 24 Okt 2021 20:03 WIB
Jakarta -

Fabio Quartararo secara dramatis mengunci gelar juara dunia MotoGP 2021 pada balapan MotoGP Emilia Romagna. Meski cuma finis di posisi empat, rider Yamaha itu jadi kampiun berkat crash yang dialami Francesco Bagnaia empat lap sebelum balapan tuntas.

Dalam balapan MotoGP Emilia Romagna yang dilangsungkan Minggu (24/10) malam WIB, Quartararo sebenarnya mengawali dengan berat lantaran dia hanya bisa start dari posisi 15. Rider asal Prancis itu sempat kesulitan melewati padatanya pebalap di awal race.

Perlahan tapi pasti Quartararo terus memperbaiki posisinya. Dia berhasil naik ke 10 besar, untuk kemudian merangkat naik hingga urutan enam.

Sampai beberapa lap jelang balapan berakhir, Quartararo sebenarnya terlihat tak punya peluang mengunci gelar juara pada balapan ini. Itu lantaran Bagnaia, yang merupakan pesaing terdekatnya di klasemen pebalap, masih memimpin balapan.

Bagnaia malah tampil sangat impresif. Dia sukses menahan Marc Marquez terus berada di posisi dua. Marquez yang terus memepet Bagnaia tak kunjung berhasil merebut posisi terdepan.

Namun Bagnaia kemudian malah mengalami kecelakaan saat balapan tinggal menyisakan empat lap. Insiden inilah yang kemudian mengubah peta persaingan jadi juara dunia. Dengan Bagnaia sama sekali tak dapat poin, maka Quartararo resmi menjadi juara dunia MotoGP 2021.



Di klasemen akhir MotoGP, Quartararo kini mengoleksi 267 poin. Pebalap asal Prancis itu unggul 65 poin dari Bagnaia yang berada di posisi dua. Dengan hanya ada tinggal dua balapan tersisa di musim ini, poin Quartararo tak mungkin lagi terkejar.

MotoGP Emilia Romagna dimenangkan Marc Marquez, di mana ini merupakan kemenangan keduanya secara beruntun setelah balapan di Amerika Serikat. Posisi dua diisi rider Repsol lainnya, Pol Espargaro, sementara urutan tiga menjadi milik Enea Bastianini.

(din/rgr)