Mandalika Direstui Pemerintah tapi Kru Balap Harus Karantina 5 Hari

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 11 Okt 2021 16:37 WIB
mandalika motogp 2022 indonesia
Foto: Screenshoot situs MGPA
Jakarta -

Sirkuit Pertamina Mandalika Street Sircuit direncanakan menggelar balapan World Superbike (WSBK) Pada November 2021. Pemerintah Indonesia pun sudah memberi restu untuk hajatan autosport kelas dunia ini.

Meski demikian, dipastikan ada sejumlah syarat yang ditetapkan pemerintah dan harus dilakukan setiap tim balap World Superbike untuk bisa merasakan aspal sirkuit Mandalika ini. Seperti yang disampaikan Menko Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto saat konferensi pers PPKM pada 11 Oktober 2021.

"Untuk Mandalika, memang ada 1.200 kru untuk Mandalika, dimana mereka akan carter pesawat, kita ada alternatif carter pesawat landing di Bali atau di Praya (Lombok Tengah) ini sedang dievaluasi," ujar Airlangga.

Airlangga menambahkan seluruh kru WSBK harus dites swab terlebih dahulu.

"Berdasarkan pengalaman di PON begitu masuk akan dikarantina selama 5 hari, setiap harinya akan di-swab isotermal dengan akurasi 90 persen, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan," Airlangga menambahkan.

Tidak hanya WSBK, sirkuit Pertamina Mandalika Street Circuit juga akan menggelar MotoGP. Dorna dan MotoGP baru saja merilis kalender sementara MotoGP 2022. MotoGP Indonesia yang bakal digelar di Sirkuit Mandalika kebagian jatah seri kedua, yang digelar pada 20 Maret 2022.

Kelak-kelok Sirkuit Mandalika yang Sudah Resmi Ganti NamaKelak-kelok Sirkuit Mandalika yang Sudah Resmi Ganti Nama Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

Dilihat dari situs resmi MotoGP, kalender balap MotoGP 2022 meliputi 21 balapan. Seperti yang sudah-sudah, race pertama digelar di Sirkuit Qatar pada 6 Maret 2022, sementara balapan pamungkas dihelat di Valencia pada 6 November.

Ada dua tuan rumah baru di MotoGP 2022. Yang pertama adalah Sirkuit KymiRing di Finlandia, sementara yang kedua tentu saja Sirkuit Mandalika di Indonesia.

Sebagaimana telah diberitakan detikOto sebelumnya, MotoGP Indoneaia di Sirkuit Mandalika kebagian jatah di awal musim. Indonesia menjadi seri kedua setelah Qatar, di mana balapan akan dilangsungkan pada 20 Maret 2022.

Sebelum balapan pada 20 Maret tersebut, rider-rider MotoGP akan lebih dulu menjajal sirkuit jalanan Mandalika pada sesi latihan pramusim. Indonesia menjadi salah satu dari dua lokasi latihan pramusim MotoGP, di mana eventnya akan digelar pada Februari.

Setelah adu kebut di sirkuit Mandalika, MotoGP akan menyeberang ke Benua Amerika. Tepatnya di Sirkuit Rio Hondo pada perhelatan MotoGP Argentina, tanggal 3 April 2022.

Berturut-turut, selanjutnya MotoGP akan digelar di Amerika Serikat, Portugal, Jerez, Prancis, Italia, Catalunya, Jerman, dan Belanda. Paruh musim pertama MotoGP bakal dilangsungkan di Finlandia.

Jadwal MotoGP Musim 2022:

1. MotoGP Qatar - 6 Maret

2. MotoGP Indonesia - 20 Maret

3. MotoGP Argentina - 3 April

4. MotoGP Amerika - 10 April

5. MotoGP Portugal - 24 April

6. MotoGP Spanyol - 1 Mei

7. MotoGP Prancis - 15 Mei

8. MotoGP Italia - 29 Mei

9. MotoGP Catalunya - 5 Juni

10. MotoGP Jerman - 19 Juni

11. MotoGP Belanda 26 Juni

12. MotoGP Finlandia - 10 Juli

13. MotoGP Inggris - 7 Agustus

14. MotoGP Austria - 21 Agustus

15. MotoGP San Marino - 4 September

16. MotoGP Aragon - 18 September

17. MotoGP Jepang - 25 September

18. MotoGP Thailand - 2 Oktober

19. MotoGP Australia - 16 Oktober

20. MotoGP Malaysia - 23 Oktober

21. MotoGP Valencia - 6 November

*jadwal masih berstatus sementara



Simak Video "Sirkuit Mandalika Kini Punya Nama Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ash)