Berseteru dengan Jack Miller, Joan Mir Pernah Komentar Miring Soal Sirkuit Mandalika

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 04 Okt 2021 18:31 WIB
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 08: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR celebrates the second place and greets the fans at the end of the MotoGP race during the MotoGP of Styria - Race at Red Bull Ring on August 08, 2021 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Joan Mir tengah menjadi sorotan lantaran menyenggol motor Jack Miller di MotoGP Amerika 2021. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Joan Mir tengah menjadi sorotan lantaran menyundul motor Jack Miller di lap terakhir MotoGP Amerika 2021. Akibat insiden itu, Miller sempat mendatangi Mir saat balapan usai. Keduanya bahkan terlibat adu mulut di pinggir lintasan.

Terlepas dari insiden tersebut, Joan Mir pernah berkomentar soal Sirkuit Mandalika yang sedang dibangun di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Rider asal tim Suzuki Ecstar itu mengaku kagum dengan konsep sirkuit jalan raya di Mandalika.

"Saya belum pernah melihat balapan di sirkuit jalanan umum, tetapi saya telah melihat foto dan beberapa video dan sangat mengesankan melihat kondisi balapan bertahun-tahun lalu di (Sirkuit) Sachsenring lama," kata Mir dikutip dari Crash.

Namun di sisi lain, pebalap asal Spanyol juga menyoroti aspek keselamatannya. Mir tidak yakin balapan Sirkuit Mandalika bisa seaman balapan di sirkuit tertutup.

"Saya tidak berpikir Anda bisa mendapatkan tingkat keselamatan tinggi yang sama di jalan umum seperti yang dilakukan di sirkuit permanen. Ada banyak rintangan dan saya menganggapnya berbahaya, terutama mengingat kekuatan dari motor MotoGP," sambung Juara Dunia MotoGP 2020 itu.

Tentunya komentar Mir tidak sepenuhnya benar. Sebab kendati mengusung konsep street circuit, Sirkuit Mandalika sejatinya adalah sirkuit yang tertutup untuk umum. Sirkuit ini juga memiliki sistem safety sesuai standar Dorna.

Foto udara tikungan ke-10  lintasan Mandalika International Street Circuit saat matahari terbit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (21/8/2021). Sirkuit internasional Mandalika sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan memiliki kelebihan diantaranya lokasi sirkuit dikelilingi panorama perbukitan dan laut yang indah dan lintasan utama sirkuit menggunakan teknologi aspal terbaru Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, NTB Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

Misalnya trek utama Sirkuit Mandalika, tidak boleh dilewati oleh kendaraan umum. Adapun area yang boleh dilintasi kendaraan umum hanyalah bagian service road yang mengelilingi trek utama. Area ini pun boleh dilewati jika tidak ada jadwal balapan. Sementara jika ada balap, maka service road akan ditutup untuk umum dan beralih fungsi menjadi jalur evakuasi.

Selain itu, jangan khawatir jika ada objek yang masuk ke area sirkuit selama balap berlangsung. Karena di sekeliling trek utama sudah dipasangi pagar pembatas (debris fence), baik di sisi dalam maupun di sisi luar trek utama, termasuk juga di sisi terluar sirkuit.

Sirkuit Mandalika dijadwalkan mengadakan balap Asia Talent Cup (ATC) dan WorldSuperBike (WSBK) pada November 2021 nanti. Sirkuit Mandalika baru akan menggelar MotoGP pada 2022. Menurut kalender, MotoGP Indonesia di Mandalika akan digelar antara tanggal 13 Maret atau 20 Maret 2022.

(lua/din)