Renggut Nyawa Sepupu Vinales, WSSP300 Dianggap Ajang Balap Berbahaya

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 29 Sep 2021 16:24 WIB
Dean Berta Vinales
Foto: Dok. WSBK. Ajang WSSP300 dianggap berbahaya setelah renggut nyawa Dean Berta Vinales.
Jakarta -

Pebalap WSBK, Loris Baz, menilai bahwa World Supersport 300 (WSSP300) merupakan ajang balap motor yang cukup berbahaya. Baz menyuarakan hal itu menyusul tragedi kecelakaan tragis yang merenggut nyawa sepupu Maverick Vinales.

Dean Berta Vinales--yang merupakan sepupu pebalap Aprilia Racing, Maverick Vinales--mengalami kecelakaan tragis. Berta Vinales meninggal dunia setelah mengalami crash di ajang WSSP300 2021. Pebalap berusia 15 tahun itu kecelakaan di lap 11 tikungan dua pada race pertama seri ketujuh yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Sabtu (25/9/2021).

Meninggalnya Berta Vinales menimbulkan beragam reaksi dari para pebalap dunia. Salah satu rider yang ikut bersuara atas kejadian nahas itu adalah Loris Baz. Pebalap WSBK dari tim Go Eleven Ducati itu menilai bahwa WSSP300 merupakan ajang balap motor yang paling berbahaya jika dibandingkan dengan kategori lainnya. Apa alasannya?

Dean Berta Vinales, Sepupu Vinales Meninggal Dunia di Atas LintasanDean Berta Vinales, sepupu Maverick Vinales, meninggal dunia di atas lintasan balap. Foto: Instagram @deanbertavinales21

"Ini bukan waktu terbaik untuk berbicara, tetapi SuperSport300 adalah kategori paling berbahaya sepanjang masa," kata Baz, seperti dikutip dari Motosan.

Menurut Baz, motor-motor balap yang berlaga di WSSP300 memiliki performa yang hampir setara, sehingga para pebalap kerap berkompetisi dalam grup yang besar, dan hampir tidak berjarak. Akibatnya, potensi senggolan antar pebalap pun sangat besar.

"Semua motor (di WSSP300) memiliki performa yang setara, Anda tidak dapat membuat perbedaan, akibatnya Anda berada di grup besar dan kemudian apa yang Anda harapkan tidak terjadi," sambung Loris Baz.

Kecelakaan yang dialami Berta Vinales juga melibatkan empat pebalap lainnya, yaitu Alejandro Carrion, Daniel Mogeda, Harry Khouri, dan juga Yeray Ruiz. Berta Vinales sempat mendapatkan perawatan. Namun dua jam setelah kejadian tersebut, pihak Dorna dan World Superbike mengumumkan Berta Vinales sudah meninggal dunia akibat crash tersebut.

Sebagai informasi, ini merupakan musim debut Berta Vinales di ajang WorldSSP300, yang merupakan ajang feeder bagi Superbike World Championship (WSBK). Dalam kejuaraan ini, Dean memperkuat Vinales Racing Team, yang dikepalai oleh ayah Maverick Vinales.

(lua/din)