Curhatan Quartararo Usai Drama Wearpack Terbuka

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 07 Jun 2021 09:24 WIB
Jakarta -

Gelaran MotoGP Catalunya yang dimenangkan oleh Miguel Oliveira, Minggu (6/6/21), sarat akan drama. Salah satu drama yang terjadi adalah insiden terbukanya bagian depan wearpack atau baju balap dari Fabio Quartararo.

Atas insiden ini, Quartararo mendapat penalti tambahan waktu tiga detik dari race director. Quartararo yang berhasil melewati garis finish di posisi ke tiga ini harus puas tidak naik podium karena penalti ganda yang dia dapatkan. Selain penalti tiga detik akibat insiden baju balap terbuka, Quartararo juga mendapat penalti karena melewati track limit di tikungan 1 dan 2.

Quartararo yang masih menduduki puncak klasemen sementara MotoGP merasa dirinya sangat dirugikan atas insiden ini. Curahan hatinya ini dia tuangkan di sebuah unggahan Instagram Story pada Minggu (6/6/21) malam kemarin.

Curhatan Quartararo di unggahan Instagram Story-nyaCurhatan Quartararo di unggahan Instagram Story-nya Foto: Instagram @fabioquartarar20

"Selamat kepada semua orang yang sudah mengajukan komplain untuk (saya mendapatkan) penalti lain. Saya benar-benar tidak membahayakan pembalap lain seperti yang mereka katakan dan kejadian ini membuat saya berkendara dengan kondisi yang sangat sulit," tulisnya di akun Instagram @fabioquartararo2.

Quartararo bahkan menyindir dengan kalimat satire kepada orang-orang yang mengajukan komplain atas insidennya tersebut.

"Tapi dapat melihat wajah asli orang-orang (yang mengajukan komplain) adalah hal yang hebat. Sekali lagi, saya mau berterima kasih kepada semuanya yang tetap mendukung saya dan membantu saya walaupun dalam kondisi sulit seperti ini," tulis pebalap asal Perancis ini.

"Sampai jumpa di lain kesempatan,"tutupnya.

Dari insiden ini, Quartararo dinilai melanggar aturan Pasal 2.4.5.2 FIM World Championship Grand Prix.

"Selama balapan MotoGP Catalunya, anda terlihat berkendara dengan ritsleting baju balap tak terpasang dengan benar dan tanpa pelindung dada yang diperlukan," bunyi pernyataan pengawas FIM MotoGP dalam surat kepada Quartararo.

"Ini merupakan pelanggaran Pasal 2.4.5.2 aturan FIM World Championship Grand Prix. Karena alasan-alasan tersebut, panel pengawas FIM MotoGP menjatuhkan penalti tiga detik dalam hasil balapan di MotoGP Catalunya," jelas pernyataan tersebut.

Karena insiden ini pula, Quartararo diberi hukuman penalti tiga detik dan membuatnya harus puas finis di urutan enam.

(mhg/din)