Terjatuh saat Ganti Motor di Pit Lane, Ini yang Diderita Franco Morbidelli

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 16 Mei 2021 11:10 WIB
Morbidelli terjatuh saat ganti motor di pitlane saat FP3 MotoGP Prancis
Foto: Instagram MotoGP/Franco Morbidelli terjatuh saat ganti motor di pitlane saat FP3 MotoGP Prancis
Jakarta -

Insiden aneh dialami Franco Morbidelli setelah menjalani latihan bebas ketiga (FP 3) MotoGP Prancis, Sabtu (15/5). Rekan setim Valentino Rossi itu terjatuh saat coba berlatih menukar motor flag to flag. Morbidelli seperti tak kuasa menahan tubuhnya, hingga 'roboh' bersama motor keduanya, apa yang terjadi?

Peristiwa itu terjadi pada sesi FP3 MotoGP Prancis, Sirkuit Le Mans, Sabtu (15/5). Franco Morbidelli masuk pit lane dan melompat ke motor penganti.

Tapi pendaratannya tak sempurna, dua orang krunya juga gagal mengimbangi motor. YZR-M1 livery Petronas itu pun roboh, Morbidelli sempat berlutut diam pada sisi motornya. Bahkan untuk masuk ke dalam pit box pun harus dibopong dua orang.

Morbidelli menjelaskan bahwa peristiwa itu terjadi lantaran lututnya melemah usai berlatih di The Ranch.

[Gambas:Instagram]



"Saya sempat berlatih di The Ranch, saya tidak jatuh, tapi seperti yang Anda lihat pagi ini, lutut saya lemah. Itu mulai terasa sakit sejak minggu lalu. Inilah yang terjadi," kata Morbidelli seperti dikutip Crash, Minggu (16/5/2021).

"Jadi lutut saya tidak benar-benar stabil saat ini. Ketika saya pergi untuk bertukar motor dan saya menginjak kaki kiri saya, lutut saya terasa seperti ingin keluar. Jadi saya melepaskannya dan menabrak motor, bukannya melompat di atasnya," jelas Morbidelli.

Terlepas dari insiden tersebut, Morbidelli bisa memulai balapan pada posisi empat. Hanya berjarak 0,166 detik di belakang Monster Yamaha Fabio Quartararo.

"Saya sangat senang dengan posisi keempat ini dan melanjutkan tren positif yang kami miliki sejak Portimao," kata Morbidelli.

"Start di baris kedua ini penting dengan motor kami dan besok akan menjadi balapan yang sulit, ke mana pun jalannya; basah, kering atau setengah-setengah karena tidak ada data. Jadi semua orang memiliki banyak tanda tanya. tentang ketahanan ban, tentang perasaan di motor Tidak ada yang benar-benar jelas," ungkapnya.



Simak Video "Miguel Oliveira Pole Position, Joan Mir Start Ke-20 di MotoGP Portugal"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)