Morbidelli Bisa Podium Berkat Modifikasi Ajaib

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 03 Mei 2021 07:53 WIB
Jakarta -

Pebalap Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli bisa naik podium setelah finis ketiga di MotoGP Spanyol 2021. Runner-up MotoGP 2020 itu mengaku melakukan sedikit modifikasi pada motor Yamaha YZR-M1 tunggangannya.

Morbidelli finis ketiga di belakang Jack Miller dan Francesco Bagnaia. Ia naik podium setelah Fabio Quartararo tercecer karena masalah lengan.

Morbidelli menyebut, perubahan pada M1 yang berusia dua tahun dalam sesi pemanasan hari Minggu pagi menawarkan cengkeraman yang lebih baik untuk balapan. Ia menggunakan 'modifikasi ajaib' itu untuk balapan secara agresif.

"Itu adalah balapan yang luar biasa. Saya mendorong begitu keras sepanjang balapan, sangat sedikit zona pengereman," kata Morbidelli dikutip Motorsport.

"Ramon (Forcada, Kepala Mekanik Morbidelli) melakukan modifikasi ajaib terakhirnya pagi tadi dan saya dapat meningkatkan perasaan saya pada motornya dan saya dapat mengendarainya dengan sangat kuat dan agresif.

"Saya sangat senang dengan hasilnya. Kami meningkatkan cengkeraman pagi ini dan itu terbayar. Benar-benar terbayar."

"Saya merasa di balapan ada grip yang kurang, tapi akhirnya modifikasi yang kami lakukan membuat kami tidak terlalu merasakannya," ucap rekan setim Valentino Rossi itu.

Morbidelli tidak menyembunyikan ketidakpuasannya pada motor yang ia pakai di musim 2021 ini. Ia seakan dipaksa menggunakan M1 'A-spec' yang lebih tua. Meski begitu, podium di Jerez tahun ini menjadi kepuasannya sendiri, terutama karena MotoGP semakin kompetitif tahun ini.

"Rasanya luar biasa bisa naik podium dengan apa yang kami miliki. Kejuaraan semakin sulit tahun ini, pasti, dan kami perlu meningkatkan permainan kami untuk tetap di posisi yang sama dengan tahun lalu," katanya.

"Dan saya pikir kami melakukan itu dengan keluar dari zona nyaman kami, mencoba mengambil banyak risiko. Tapi itu terbayar di Portimao dan itu terbayar hari ini dan saya benar-benar menikmati momen ini."

(rgr/din)