Geber Xpander, Rifat Sungkar Juara Sprint Rally

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 12 Apr 2021 14:23 WIB
Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar
Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar. (Pool )
Jakarta -

Rifat Sungkar berhasil membawa Mitsubishi Xpander menjadi yang tercepat dalam balap Sprint Rally. Menggunakan Mitsubishi Xpander AP4, Rifat menjadi juara Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 yang berlangsung di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten, 10-11 April 2021.

Rifat Sungkar bersama XPANDER Rally Team tampil dominan sejak hari pertama, Sabtu (10/4/2021). Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan tidak memberikan kesempatan pada lawan-lawannya untuk merebut posisi tercepat meski mobil yang mereka besut sempat mengalami kendala pada bagian suspensi. Hingga akhir lomba, pasangan Rifat Sungkar/M. Redwan mencatat waktu total 10 menit 8,2 detik, unggul lebih dari 11 detik atas kompetitor yang berada di posisi kedua.

Mitsubishi Xpander AP4 Rifat SungkarMitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar Foto: Pool

Pada hari kedua, yang menjalani 3 Special Stage (SS), Rifat dan Redwan menerima persaingan ketat dari pasangan M. Rihan Variza dan Andi Rendy yang juga menunggang kendaraan sekelas AP4.

"Lomba kali ini sangat seru. Terjadi persaingan yang cukup ketat dengan M. Rihans dan Ryan Nirwan, saling kejar catatan waktu di tiga SS terakhir. Tapi alhamdulillah kami dapat menutup lomba dengan juara," ujar Rifat Sungkar.

Setelah terjadi pembatalan SS1 di hari pertama akibat kondisi lintasan yang tidak memungkinkan, panitia kembali menghadirkan SS1 yang dilakukan pada hari kedua. Jadi, di hari Minggu itu lomba berjalan dalam 3 SS. Dengan demikian Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 tetap berjalan seperti rencana semula yaitu melombakan 4 Special Stage dengan jarak total SS sejauh 19 km.

Kondisi cuaca yang tidak bersahabat sepanjang event menjadi tantangan tersendiri bagi pebalap. Menurut Rifat, event sprint rally pertama di tahun 2021 ini betul-betul menghadirkan persaingan yang ketat, tidak hanya di Kelas M1 namun hampir merata di semua kelas yang dilombakan.

"Event kali ini terbilang istimewa, lokasi balap yang bagus, di pinggir pantai dan menghadirkan suasana berbeda dari balapan-balapan sebelumnya. Sebuah fenomena baru. Tidak hanya itu, animo pesertanya sungguh luar biasa. Dengan kondisi cuaca yang kurang bagus, semangat pereli tidak kendur, malah menghadirkan persaingan yang begitu menarik," ucap Rifat.



Simak Video "Diskon PPnBM Turun Jadi 25%, Segini Harga Mitsubishi Xpander"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)