Kasihan Joan Mir, 'Dimangsa' Dua Rudal Ducati di Tikungan Akhir MotoGP Qatar

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 29 Mar 2021 06:56 WIB
Jakarta -

Kasihan betul Joan Mir di MotoGP Qatar. Sudah susah payah merangsek naik ke urutan depan, sebuah kesalahan yang dia justru di tikungan terakhir membuatnya dipecundangi duo Ducati.

Secara keseluruhan penampilan Joan Mir di MotoGP Qatar malam tadi tak bisa dibilang buruk. Setelah memulai balapan dari posisi 10, dia berhasil terus menanjak naik dan bersaing dengan rider-rider di depan.

Setelah menyalip banyak pebalap, Mir berhasil masuk zona podium saat balapan berusia 20 lap. Itu dia raih setelah mengasapi Bagnaia. Tak berhenti sampai di situ, Mir kemudian juga berhasil mencuri posisi dua dari Johann Zarco pada putaran terakhir.

Dari momen itu, Mir sepertinya akan bisa menuntaskan MotoGP Qatar di posisi dua, di belakang Mavreick Vinales yang sudah melesat jauh di depan.

Tapi di momen paling krusial, saat memasuki tikungan terakhir, Mir malah membuat kesalahan. Suzuki GSX-RR yang dia kendarai melebar!

Mir sebenarnya masih bisa berada di posisi dua saat keluar dari tikungan terakhir. Tapi dia sudah terlanjur kehilangan momentum saat melaju di lintasan lurus menuju garis finis.

Mir jadi terlalu lambat, apalagi yang mengejarnya adalah duo Ducati. Maka dengan mudah, memaksimalkan power besar yang dipunya mesin Ducati, Johann Zarco dan Bagnaia menyalip Mir dan merebut posisi dua dan tiga MotoGP Qatar.

"Saya tahu ada dua penunggang Ducati yang marah di belakang saya. Saya melihat garis finis sudah sangat dekat, tapi kemudian saya melihat dua buah rudal mendahului saya," kata Mir sambil tersenyum.

"Tak ada penyesalan. Saya sudah memberikan 100% (kemampuan)," lanjutnya dikutip dari corsedimoto.

"Saya ingin bertahan di belakang Zarco dan mempertahankan posisi tiga dengan memanfaatkan slipstream. Tapi saat Anda berada di sana, Anda harus mengambil risiko dan mencoba meraih poin sebanyak mungkin. Saya sudah mencobanya," tuntas sang juara dunia MotoGP 2020 itu.

Hasil MotoGP Qatar 2021

1 Maverick ViƱales Yamaha
2 Johann Zarco Ducati 1.092
3 Francesco Bagnaia Ducati 1.129
4 Joan Mir Suzuki 1.222
5 Fabio Quartararo Yamaha 3.030
6 Alex Rins Suzuki 3.357
7 Aleix Espargaro Aprilia 5.934
8 Pol Espargaro Honda 5.990
9 Jack Miller Ducati 7.058
10 Enea Bastianini Ducati 9.288

(din/din)