Balapan Mobil Offroad Listrik Extreme-E Mau Mampir Indonesia, Bidik Kepulauan Selayar

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 08 Feb 2021 18:25 WIB
Extreme-E
Balapan reli mobil listrik Extreme-E berpeluang digelar di Indonesia (ist)
Jakarta -

Satu lagi ajang balapan bertaraf internasional berpeluang datang ke Indonesia. Extreme-E, ajang adu kebut kendaraan SUV Offroad berencana menjadikan Kepulauan Selayar sebagai venue.

Dalam rilis yang diterima detikOto, disebutkan kalau Extreme-E punya konsep seperti Reli Dakar. Namun mobil yang berlaga pada ajang tersebut terbatas pada kendaraan listrik.

Oleh pendirinya, Alejandro Agag, ajang ini diharapkan bisa sekaligus menjadi alat kampanye pelestarian lingkungan hidup dan mencegah pemanasan global.

Seri perdana Extreme-E baru akan dilangsungkan tahun 2021 ini. Ada lima lokasi di empat benua yang akan jadi tuan rumah.

Wadi Rum Alula - Arab Saudi - 3-4 April 2021
Lac Rose Dakar - Senegal - 29- 30 Mei 2021
Kangerlussuaq - Greenland - 28-29 Agustus 2021
Santarem Para - Brasil - 23-24 Oktober 2021
Tierra Del Fuego - Argentina - 11-12 Desember 2021

Extreme-EExtreme-E Foto: ist

Untuk Indonesia, event ini dijadwalkan akan datang pada 2022. Lokasi yang sudah dibidik adalah Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Untuk diketahui, Indonesia sudah berpartisipasi di ajang ini dengan menurunkan Team Teechetah. Tim ini dimiliki oleh Indover Xtreme Elektrik. Selain memiliki Team, Indover Xtreme Elektrik juga mempunyai hak opsi sebagai penyelenggara Balap tersebut di wilayah Indonesia.

"Setelah mengadakan pengamatan terhadap beberapa lokasi di Indonesia, kami tertarik untuk mengusulkan Kepulauan Selayar sebagai alternatif utama tempat penyelenggaraan Extreme-E putaran di Indonesia tahun 2022," Kata Adi Surjanto, Direktur Utama PT Indover Xtreme Elektrik.

Pulau Selayar dipilih karena memiliki kondisi dan karakter alam yang dianggap mewakili kondisi Indonesia, yakni negara kepulauan dengan garis pantai yang sangat panjang. Keadaan Alam, pantai, laut yang sangat bersih belum tercemar sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata dunia, sesuai dengan visi Extreme-E mengangkat isu pariwisata dan pencegahan perubahan lingkungan global.

Selain tim dari Indonesia, ajang Extreme-E diikuti juga tim dari negara lain. Beberapa tim tersebut dimiliki oleh nama-nama besar di dunia balap. Salah satunya tim X44 milik Lewis Hamilton.



Simak Video "Mitsubishi Siapkan Mobil Listrik Murah, Seharga Terios dan Rush Cs "
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)