Waduh! Detik-detik Helikopter Terbang Rendah Senggol Truk Rusia

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 19 Jan 2021 10:48 WIB
Helikopter senggol truk
Helikopter senggol truk Foto: twitter
Jakarta -

Usai Reli Dakar 2021 berakhir, beredar potongan video helikopter terbang rendah hingga menyenggol truk milik tim Rusia. Helikopter itu bertugas mendokumentasikan Reli Dakar 2021.

Potongan video tersebut menunjukkan helikopter melayang hanya beberapa meter di atas truk Dakar. Saat truk itu melompati gundukan tanah lalu membuatnya terdorong ke atas, sejurus kemudian menyenggol skids helikopter.

Sesuatu terlihat jatuh ke tanah, meskipun tidak jelas apakah itu sesuatu yang patah dari truk atau dari helikopter.



Truk itu sedang dikemudikan oleh Anton Shibalov pada saat itu dan menurut Eric Khairullin dari tim Kamaz-Master Rusia, tabrakan tersebut merusak intake truk yang dipasang di atap.

"Kelihatannya agak aneh," kata Khairullin dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Carscoops, Selasa (19/1/2021).

"Ternyata helikopter penyelenggara terbang terlalu rendah di atas lintasan, ketika truk itu melaju kencang, melemparkannya ke atas, rupanya, [menabrak] helikopter, yang tentu saja sangat berbahaya. Untungnya, semuanya berhasil. Muncul pertanyaan tentang mengatur keselamatan penerbangan dengan mengatur helikopter selama kompetisi," terangnya.

Terlepas dari insiden tersebut Tim Kamaz-Master menjalani Reli Dakar dengan hasil positif tahun ini. Skuad asal Rusia itu menjadi penguasa dalam kategori truk. Anton Shibalov jadi runner up, sedangkan Sotnikov keluar sebagai pemenang. Untuk diketahui Reli Dakar tahun ini digelar di Arab Saudi dengan start dan finis di Jeddah pada 3-15 Januari 2021.



Simak Video "Ganasnya Medan Reli Dakar di Gurun Abu Dhabi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)