Sempat Dikritik Jelek, Pebalap F1 Komentari "Halo" dari Kecelakaan Tragis di Bahrain

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 30 Nov 2020 11:16 WIB
The parts of Haas driver Romain Grosjeans car is burning after he crashed during the Formula One race in Bahrain International Circuit in Sakhir, Bahrain, Sunday, Nov. 29, 2020. (Brynn Lennon, Pool via AP)
Romain Grosjean mengalami kecelakaan tragis di GP Bahrain Foto: AP/Brynn Lennon
Jakarta -

Pebalap Prancis Romain Grosjean lolos dari maut usai mobilnya terbelah dua dan terbakar di Grand Prix, Bahrain, Minggu (29/11). "Halo" menjadi sorotan karena disebut menyelamatkan pebalap Tim Haas tersebut.

Kecelakaan itu terjadi pada lap pertama GP Bahrain, di Sirkuit Internasional Bahrain, Minggu (29/11/2020) malam WIB. VF-20 milik Grosjean mengalami kontak dengan Daniil Kyvat.

Sejurus kemudian mobil itu kehilangan kendali dan dengan keras menghantam pembatas sirkuit. Sesaat berselang ledakan terjadi pada mobil tersebut, bola api yang cukup besar bisa disaksikan muncul dari hasil crash itu.

Api besar membakar VF-20 milik Grosjean. Dari udara terlihat mobil tersebut terbelah dua, mobil pun langsung terbakar.



Beruntung pebalap Prancis itu lolos dari kobaran api. Ia dengan cepat diangkut ke rumah sakit Angkatan Pertahanan Bahrain untuk perawatan. Foto rontgen juga menunjukkan Grosjean tidak mengalami patah tulang. Namun pebalap kelahiran Swiss itu mengalami luka bakar terutama di tangannya.

Grosjean menyebut fitur keselamatan yang jadi penyelamat dirinya ialah "Halo", sebuah perangkat keamanan balap Formula 1 yang digunakan sejak 2018. Halo berfungsi sebagai pelindung pebalap yang diletakkan tepat di depan kokpit yang terbuat dari titanium. Keberadaannya menghindarkan pebalap dari kemungkinan terkena benturan.

MONZA, ITALY - SEPTEMBER 02:  Max Verstappen of Netherlands and Red Bull Racing sits in his car fitted with the halo during practice for the Formula One Grand Prix of Italy at Autodromo di Monza on September 2, 2016 in Monza, Italy.  (Photo by Dan Istitene/Getty Images)Halo F1 Foto: Dan Istitene/Getty Images



Lewis Hamilton pemenang balapan mengatakan ini menjadi bukti bahwa FIA telah bekerja keras untuk keselamatan pebalap.

"Saya sangat bersyukur dia selamat dan bisa keluar. Tapi saya pikir itu adalah pengingat yang nyata tentang betapa berbahayanya olahraga ini. Kecepatan yang kami tempuh, energi yang kami bawa saat kami bepergian dengan kecepatan tersebut dan FIA jelas telah melakukan pekerjaan yang luar biasa," ujarnya seperti dicuplik dari laman Formula1, Senin (30/11/2020).

"Kita tidak bisa berhenti di posisi kita sekarang, kita harus terus berusaha meningkatkan tetapi saya pikir itulah yang membuat olahraga ini hebat: kita terus berkembang, dan ini adalah olahraga yang berbahaya," sambungnya.

Lebih spesifik, pebalap George Russell mengungkap beruntungnya peranti Halo sudah menjadi standar keamanan.

"Luar biasa bahwa dia berjalan menjauh. Sangat bersyukur bahwa kita memiliki Halo. Tidak diragukan lagi itu akan menjadi hasil yang berbeda, seandainya halo tidak ada di sana," kata Rusell.

"Senang dia baik-baik saja. Dan bangga dengan pekerjaan yang telah dilakukan FIA dan F1 untuk keselamatan selama bertahun-tahun," sambungnya.

MONZA, ITALY - SEPTEMBER 02:  Max Verstappen of Netherlands and Red Bull Racing sits in his car fitted with the halo during practice for the Formula One Grand Prix of Italy at Autodromo di Monza on September 2, 2016 in Monza, Italy.  (Photo by Dan Istitene/Getty Images)Halo F1 Foto: Dan Istitene/Getty Images

Max Verstappen mengatakan insiden itu jadi bukti kesalahan jika mengkritik halo karena alasan estetika.

"Itu adalah insiden gila. Ketika saya melihat apinya, saya... itu cukup menakutkan untuk dilihat tetapi untungnya dia sendiri yang melompat keluar dari mobil dan itu yang paling penting, dan Anda benar-benar dapat melihat keamanannya, seberapa jauh peningkatannya," kata Max Verstappen.

"Dan saya pikir juga halo hari ini menyelamatkan hidupnya. Pada awalnya ketika datang ke mobil saya cukup kritis tentang itu terlihat jelek tapi Anda tidak dapat mengatakan apa-apa tentang keselamatan karena hari ini pasti menyelamatkan Romain jadi saya sangat senang dengan itu," sambungnya.



Simak Video "Momen Dramatis Hamilton Juara dengan Ban Pecah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)