Rabu, 29 Jul 2020 13:19 WIB

Marquez Datang ke Jerez Bukan Cuma Mau Balapan, Tapi Juga Menakuti Lawan

Tim Detikcom - detikOto
Marc Marquez Marc Marquez datang ke Sirkuit Jerez juga untuk menebar psywar ke para rival (Instagram @hrc_motogp)
Jakarta -

Marc Marquez mungkin dari awal sudah sadar dirinya tak akan bisa ikut balapan MotoGP Andalusia. Dia datang ke Sirkuit Jerez semata untuk menakut-takuti lawannya.

Meski Fabio Quartararo tampil gemilang dengan dua kemenangan di Jerez, pencinta MotoGP dunia juga dibuat takjub oleh Marc Marquez. Dia (terlihat) akan nekat ikut balapan setelah mengalami kecelakaan hebat dan patah tulang lengan.

Marquez mucul di Sirkuit Jerez pada MotoGP Andalusia hanya dua hari setelah dia menjalani operasi penyambungan tulang yang patah. Absen di dua sesi latihan hari jumat, juara dunia enam kali di kelas MotoGP itu kemudian tampil pada sesi sabtu.

Catatan waktunya sangat buruk saat itu, di mana dia beturut-turut hanya ada di urutan 19 dn 16. Marquez pada akhirnya memilih absen balapan.

Menurut pengamat MotoGP kenamaan, Carlo Pernat, kedatangan Marquez di MotoGP Andalusia menunjukkan tekat besar yang dipunya. Selain itu, kedatangan ke trek sekaligus merupakan psywar yang dia tebar ke para rival.

"Saya memberi Marquez medali emas. Saat seorang pebalap melakukan ini, dia harus dipuji. Saya pikir Marc melakukannya juga untuk alasan psikologis," ucap Pernat dikutip dariGPOne.

"Setelah melakukan comeback (di MotoGP Spanyol) dan meski akhirnya jatuh, bisa melihat dia lagi di atas lintasan seperti menyatakan ke rider lain: 'Guys, kalian bahkan tidak bisa menjatuhkan saya meski ditembak dengan bazoka'. Saya yakin pebalap lain tertekan dengan kondisi itu," lanjut Penat.

Nol poin dari dua balapan perdana membuat Marquez tertinggal jauh dari Fabio Quartararo dalam persaingan menjadi juara dunia. Dia kini punya waktu sekitar dua pekan untuk memulihkan kondisi sebelum balapan berikutnya dilangsungkan di Sirkuit Brno, Republik Ceko.

"Marc gagal (ikut balapan MotoGP Andalusia), tapi saya menghormati tindakannya. Dia membuat para rival menyadari, setelah mempecundangi mereka di atas lintasan (pada MotoGP Spanyol), dia bisa tetap hadir (di MotoGP Andalusia) meski setelah dapat kecelakaan parah," kata Penat lagi.



Simak Video "Crash yang Membuat Absen Marquez Berlanjut di MotoGP Austria"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com