Senin, 20 Jul 2020 16:47 WIB

MotoGP Spanyol: Benarkah Ducati Sekarang Lebih Lambat dari Honda dan Yamaha?

Ridwan Arifin - detikOto
Ducati rider Andrea Dovizioso of Italy enters a turn during free practice at the Australian Motorcycle Grand Prix at Phillip Island near Melbourne, Australia, Saturday, Oct. 26, 2019. (AP Photo/Andy Brownbill) Andrea Dovizioso Foto: Andy Brownbill / AP Photo
Jerez -

Yamaha M1 jadi jawara di gelaran MotoGP Spanyol, Jerez. Fabio Quartararo dan Maverick Vinales menduduki posisi 1 dan 2. Sedangkan pebalap Ducati, Andrea Dovizioso berhasil naik ke podium tiga bersama tunggangannya, Desmosedici GP 20.

Tapi Andrea Dovisiozo menyebut Desmosedici GP 20-nya kali ini kalah cepat dari Yamaha M1 dan Honda RC213V, benarkah demikian?

Bila melirik data fastest lap pebalap dari situs resmi MotoGP, Dovizioso bahkan tidak masuk lima besar yang mencatatkan rekor waktu tercepat saat race MotoGP Spanyol, Jerez.

Marc Marquez menjadi pebalap pertama yang menorehkan waktu paling cepat di lap 11 dengan torehan 1 menit 38.372 detik. The Baby Aliens menggunakan ban slick-Hard (depan) dan slick-soft (belakang). Seperti diketahui, Marc Marquez 'menggila' karena tercecer ke urutan 18.

Satu per satu pebalap di depannya disalip termasuk Ducati GP 20, Andrea Dovizioso dan Jack Miller. Ia bahkan berhasil menyodok ke posisi tiga sebelum akhirnya mengalami kecelakaan high side 4 lap sebelum finis.

Sedangkan pebalap kedua yang tercatat memiliki torehan waktu tercepat ialah Maverick Vinales dengan Yamaha M1. Top Gun yang menggunakan ban soft (depan dan belakang) mendapat waktu terbaik 1 menit 38.445 detik saat memasuki lap kedua.

Jawara MotoGP Spanyol, Jerez, Fabio Quartararo menduduki peringkat ketiga untuk urusan capaian fastest lap, pebalap Petronas Yamaha SRT yang menggunakan ban hard (depan) dan soft (belakang) ini menorehkan waktu 1 menit 38.549 detik saat lap ketiga.

Benar, kata Dovizioso, timnya perlu melakukan pengembangan lebih baik lagi. Sebab untuk urusan fastest lap, Ducati Team harus puas berada di posisi ke-enam dengan torehan waktu 1 menit 38.767 detik, beda sekitar 0,2 detik dari Yamaha dan Honda.

Meski kalah soal urusan fastest lap, di atas kertas Andrea Dovizioso dan Desmosedici GP 20 masih menjadi pebalap tercepat soal urusan kecepatan. Saat berlaga di sirkuit Jerez kemarin, Dovizioso berhasil mendapatkan topspeed 294,2 km/jam. Sedangkan RC213V yang dikemudikan Marquez kemarin (19/6) melesat di kecepatan tertinggi 291,8 km/jam.

Tonton video 'Momen Marc Marquez Terpelanting-Terguling di MotoGP Spanyol':

(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com