Selasa, 23 Jun 2020 17:57 WIB

Ketika Mobil Formula 1 Ngebut di Jalan Raya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Balap Formula 1 Ferrari Diajak Ngebut di Jalan Raya Mobil Balap Formula 1 Ferrari Diajak Ngebut di Jalan Raya. Foto: Dok. Ferrari.
Maranello -

Ajang balapan Formula 1 musim 2020 terpaksa ditunda karena pandemi virus Corona. Sebelum turun ke lintasan balap, mobil Formula 1 Ferrari lebih dulu diajak pemanasan di jalan raya.

Formula 1 akan digelar pada awal Juli mendatang. Untuk membuktikan timnya siap, Ferrari meminta pebalap Charles Leclerc untuk membawa mobil balap Ferrari SF1000 keliling kota Maranello yang merupakan markas pabrikan mobil berlogo kuda jingkrak itu.

Ferrari meluncurkan SF1000 di acara khusus di Reggio Emilia, Italia, pada pertengahan Februari sebelum pengujian pra-musim dan Grand Prix Australia.

Musim ini akan memperlihatkan Ferrari berkompetisi di ajang Kejuaraan Dunia Formula 1 yang ke-1.000, itulah alasan dipilihnya nama SF1000. Mobil balap ini menjadi evolusi dari SF90 tahun lalu.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, tampak Ferrari SF1000 diajak ngebut di jalan raya. Raungan mesin yang gahar membuat pencinta Formula 1 rindu akan balapan tersebut.

Video itu menggambarkan ketika Charles Leclerc mengendarai mobil balapnya melewati tikungan. Selepas dari tikungan itu, mobil Ferrari tersebut langsung digaspol di lintasan lurus.



Dalam video lainnya, terlihat mobil balap Ferrari itu keluar dari garasi di markas Ferrari di Maranello. Turun ke jalan raya yang kosong (tampaknya disiapkan agar tak ada lalu lalang kendaraan lain), mobil Formula 1 itu diajak ngebut.




Bicara spesifikasi, Ferrari SF1000 menggendong mesin V6 berkapasitas 1.600 cc. Mesin yang dibekali satu perangkat turbocharger itu juga didukung oleh dua motor generator, Motor Generator Unit Kinetic (MGU-K) dan Motor Generator Unit Heat (MGU-H).

MGU-K adalah turunan langsung dari sistem KERS sebelumnya yang memulihkan energi kinetik yang dihasilkan saat pengereman. Energi hingga 4 MJ bisa disimpan dalam paket baterai. Power MGU-K bisa mencapai 120 kW. Sementara MGU-H memanen energi panas dari turbo. Lalu ada baterai, digunakan untuk menyimpan energi listrik sebelum digunakan.



Simak Video "Ferrari Pastikan 8 Mei Produksi Kembali Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
d'Rooftalk
×
Penemuan Rp 500 Juta di KRL
Penemuan Rp 500 Juta di KRL Selengkapnya