Jumat, 29 Mei 2020 15:36 WIB

MotoGP Inggris dan Australia Dipastikan Batal Digelar!

Rizki Pratama - detikOto
PHILLIP ISLAND, AUSTRALIA - OCTOBER 27: Valentino Rossi of Italy rides the #46 Yamaha Factory Racing Yamaha during qualifying for the 2019 MotoGP of Australia at Phillip Island Grand Prix Circuit on October 27, 2019 in Phillip Island, Australia. (Photo by Robert Cianflone/Getty Images) MotoGP Australia dan MotoGP Inggris dipastikan tidak digelar tahun ini (Robert Cianflone / Getty Images)
Jakarta -

Pandemi virus Corona yang belum juga tuntas membuat ajang MotoGP membatalkan beberapa seri. Dua balapan terbaru yang dipastikan tidak dilangsungkan tahun ini adalah seri Inggris dan Australia.

Pengumuman pembatalan dua seri MotoGP Australia dan MotoGP Inggris termuat di situs MotoGP, Jumat (29/5) sore WIB.

MotoGP Inggris sejatinya dilangsungkan pada 28 sampai 30 Agustus di Sirkuit Silverstone. Sementara MotoGP Australia bakal digelar di Sirkuit Phillip Island pada 23-35 Oktober.



Pembatalan ini diputuskan bersama oleh FIM, IRTA, dan Dorna Sports lantaran pandemi virus corona masih jadi masalah besar di banyak negara di dunia. Spanyol dan Italia yang menyumbang banyak pebalap dan tim di ajang MotoGP malah menjadi salah satu negara yang terkena dampak paling besar.

"Kami luar biasa kecewa dengan pembatalan MotoGP Inggris, sebagaimana pembatalan balapan 2018 yang masih terekam jelas dalam ingatan. Tapi kami mendukung keputusan itu di tengah kondisi seperti ini," ucap Direktur Pelaksana Sirkuit Silverstone, Stuart Pringle.

Penyesalan serupa dilontarkan penyelenggara balapan MotoGP Australia. "MotoGP Australia membawa Phillip Island ke panggung global dan kami akan kembali dengan lebih baik di 2021," ujar Presiden Australian Grand Prix Corporation, Paul Little.



CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengungkapkan masalah yang dialami MotoGP di tengah pandemi virus Corona bukan sekadar isu kesehatan dan kekhawatiran penularan. Tapi juga soal bagaimana mengangkut ratusan ton beragam kebutuhan tim dari satu negara ke negara lain.

"Kami sedih mengumumkan pembatalan event ikonik ini setelah gagal menemukan solusi terhadap masalah logistik dan operasional akibat pandemi dan perubahan jadwal balapan," ucap Ezpelata.

Sampai sejauh ini, kejelasan digelar atau tidaknya musim balap MotoGP 2020 masih tanda tanya besar. Sempat muncul usulan agar race dilangsungkan hanya beberapa seri saja di beberapa negara Eropa terpilih. Namun hingga muncul kabar pembatalan MotoGP Inggris dan Australia ini, belum ada keputusan apapun soal rencana tetap menggelar race.



Simak Video "Rossi Jatuh, MotoGP Virtual Race 2 Dimenangi Bagnaia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com