Senin, 25 Mei 2020 11:18 WIB

Duh, Pebalap Profesional Formula E Pakai Joki Saat Tampil di Virtual Race

Doni Wahyudi - detikOto
NEW YORK, NEW YORK - JULY 13: The Envision Virgin Racing Team driver Sam Bird competes during the New York E-Prix of Formula E Season 5 on July 13, 2019 in New York, USA. Cybersecurity giant Kaspersky is Official Sponsor of the Envision Virgin Racing team for the second consecutive year. Both grounded in technological innovation, Kaspersky and Envision Virgin Racing share similar vision and passion in bringing innovation to customers around the world, raising the awareness on this innovative and futuristic all-electric racing series.   Mike Stobe/Getty Images for Kaspersky/AFP Pebalap Formual E pakai joki saat tampil di balapan virtual (Mike Stobe/Getty Images for Kaspersky/AFP)
Jakarta -

Pebalap Formula E dari Tim Audi, Daniel Abt, melakukan kecurangan saat menjalani balapan virtual. Memakai jasa joki atlet eSport profesional, dia dihukum dan dapat denda.

Balapan Formula E tersebut dilangsungkan Sabtu (23/5) akhir pekan kemarin, itu merupakan rangkaian balapan virtual yang digelar seiring pembatalan banyak seri karena pandemi corona. Race dilangsungkan di Sirkuit Flughafen Tempelhof, Berlin.

Daniel Abt duduk di posisi dua pada sesi kualifikasi. Sementara saat balapan dia menuntaskan race di podium tiga, kalah dari Oliver Rowland (2) dan Stoffel Vandoorne (juara).



Keberhasilan Abt masuk tiga besar di kualifikasi dan balapan terbilang mengejutkan. Soalnya dari empat seri virtual race yang sudah digelar dia belum sekalipun dapat poin.

"Benar-benar tak senang karena itu bukan Daniel yang mengendarai sendiri mobilnya, dia mengacaukan semuanya. Itu konyol. Saya meragukan kalau itu benar-benar Daniel yang mengendarai mobil," kata Vandoorne dikutip dari Guardian.

Kecurigaan yang sama disampaikan Jean-Eric Vergne. "Tolong minta Abt untuk menghidupkan Zoom di balapan berikutnya," serunya.

Dari hasil investigasi yang dilakukan Formula E, diketahui kalau Abt tidak mengemudikan sendiri mobilnya dalam balapan virtual. Hasil pengecekan melalui IP address membuktikan hal tersebut. Formula E langsung menjatuhkan diskualifikasi dan juga denda padanya.



"Saya ingin meminta maaf pada Formula E dan seluruh fans, tim, dan sesama pebalap yang lain karena dapat bantuan dari orang lain saat balapan hari Sabtu. Saya tidak menjaninya dengan serius, padahal harusnya saya seruis (dengan balapan itu)," demikian permintaan maaf Abt.

Saat balapan, webcam Abt sebenarnya tetap dalam posisi menyala. Hanya saja wajahnya tertutup beberapa benda sehingga tidak terlihat jelas. Sementara saat digelar wawancara sehabis balapan, driver asal Jerman itu tidak ikut.

Gamer profesional yang menggantikan Abt adalah Lorenz Hoerzing. Baru berusia 18 tahun Hoerzing saat ini berkompetisi di balapan virtual FE Challenge.



Simak Video "Pakai Joki di Formula E Virtual, Pembalap Audi Diputus Kontrak"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com