Senin, 13 Apr 2020 10:19 WIB

Sir Stirling, Legenda Balap F1 Meninggal di Usia 90 Tahun

Ridwan Arifin - detikOto
Stirling Sir Stirling tutup usia di umur 90 tahun Foto: twitter Stoffel Vandoorne
Jakarta -

Sir Stirling Craufurd Moss telah meninggal dunia pada usia 90 tahun, Minggu (12/4) kemarin. Ia merupakan salah satu pebalap legendaris asal Inggris, yang resmi pensiun dari ajang balapan otomotif saat berumur 81 tahun.

"Dia meninggal seperti saat hidup, terlihat mengagumkan. Dia hanya lelah dan akhirnya menutup mata indahnya," kata sang istri, Susie dicuplik situs resmi F1.

Moss yang dijuluki pembalap terhebat yang tidak pernah memenangi Kejuaraan Dunia (F1) itu meninggal karena mengidap sakit berkepanjangan.

Saat masih aktif membalap di arena 'Jet Darat' Moss masuk ke jajaran pembalap elit pada kurun waktu 1951-1961. Namun, sebuah crash di Goodwood pada tahun 1962 menyudahi karirnya di kancah balapan level atas.

Sempat mundur dari lintasan balap, ia lantas mengakui kalau keputusannya itu prematur. Moss pun kemudian melakukan comeback singkat di ajang British Touring Car Championship pada tahun 1980 kendati tidak berjalan manis.

Pun demikian, Moss tetap eksis sebagai pebalap. Pria yang mendapat gelar "Sir" pada tahun 2000 silam itu tetap rutin menjadi peserta dalam ajang-ajang balapan historis.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com