Selasa, 24 Mar 2020 12:56 WIB

Sirkuit MotoGP Mandalika Terus Dibangun di Tengah Pandemi Corona, Selesai Akhir Tahun

Luthfi Anshori - detikOto
Layout Sirkuit Mandalika Layout Sirkuit Mandalika.Foto: MotoGP.com
Jakarta -

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika, di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dipastikan tidak terganggu isu pandemi virus corona.

Mengutip dari situs Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mandalika yang termasuk dalam program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas, terus dilanjutkan pembangunannya dan ditargetkan selesai pada akhir 2020, sehingga siap untuk menggelar ajang MotoGP tahun 2021.

Tahun ini Kementerian PUPR menganggarkan sekitar Rp 903,4 miliar untuk alokasi anggaran infrastruktur KSPN Mandalika.

Anggaran tersebut antara lain digunakan untuk pembangunan pengendali banjir KEK Mandalika, pembangunan jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL), pengembangan kawasan di tiga Gili, pengembangan jaringan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), kawasan Geopark Rinjani, dan pembangunan home stay.

Menteri PUPR Basuki, Hadimuljono, mengatakan pembangunan jalan Bypass BIL sepanjang 17,4 Km akan meningkatkan konektivitas dari Bandara BIL ke Kawasan Wisata Mandalika, dengan anggaran Rp 814 miliar dan masa pelaksanaan tahun 2020-2021.

"Saat ini dalam tahap lelang, pada bulan Mei 2020 diharapkan sudah mulai konstruksinya. Untuk pembebasan lahan sudah selesai dua pertiga, sedangkan sisanya akan mulai dibayarkan minggu ini dan minggu depan" kata Basuki, dikutip dari rilis resmi di situs pu.go.id, tertanggal 18 Maret 2020.

Jalan Bypass BIL dibangun dengan lebar 50 meter, dan memiliki 4 lajur yang dilengkapi trotoar dan median jalan. Jalan Bypass akan mendukung akses menuju sirkuit MotoGP yang juga akan dibangun di kawasan Mandalika.

Situasi terkini pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika juga bisa dilihat dalam video yang diunggah di kanal Youtube Agus Harianto, 21 Maret 2020. Video itu bisa dilihat di link ini.

Dalam video berdurasi sekitar 4 menit lebih itu, Agus menunjukkan aktivitas pembangunan Sirkuit Mandalika. Terlihat ada aktivitas kendaraan berat dan truk yang terus bekerja membangun akses jalan dan infrastruktur sirkuit.

Progres pembangunan Sirkuit MandalikaProgres pembangunan Sirkuit Mandalika Foto: Screnshoot Youtube Agus Harianto


Simak Video "MotoGP Prancis Molor ke Bulan Juni?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com