Kamis, 12 Mar 2020 10:17 WIB

Daftar Balapan MotoGP, F1, dan Formula E yang Terpengaruh Virus Corona

Doni Wahyudi - detikOto
AUSTIN, TX - APRIL 22:  Jorge Lorenzo of Spain and Ducati Team leads the field during the MotoGP race during the MotoGp Red Bull U.S. Grand Prix of The Americas - Race at Circuit of The Americas on April 22, 2018 in Austin, Texas.  (Photo by Getty Images/Getty Images) Balapan MotoGP, F1, dan Formula E terdampak virus corona. Beberapa seri dibatalkan dan diundur (Getty Images/Getty Images)
Jakarta -

MotoGP Argentina menjadi 'korban' terbaru mewabahnya virus corona di banyak negara. Sampai hari ini sudah banyak event balap dunia dibatalkan atau dijadwal ulang.

Berikut daftar balapan MotoGP, Formula E, dan F1 yang terpengaruh virus corona. Beberapa race diputuskan dibatalkan, yang lain diundur, sementara sisanya masih menyisakan tanda tanya.

MotoGP


1. MotoGP Argentina

Beberapa jam lalu MotoGP Argentina mengumumkan pengunduran jadwal balapan dari 19 April menjadi 22 November. Argentina sampai pekan lalu masih yakin bisa menggelar balapan sesuai jadwal, namun perkembangan terkini membuat rencana tersebut berantakan.

2. MotoGP Austin

Di awal pekan ini FIM mengumumkan keputusan memundurkan jadwal MotoGP Austin. Lockdown besar-besaran di Italia dan bertambahnya jumlah penderita corona di Amerika Serikat, terlebih lagi Texas, membuat keputusan ini harus diambil.

Awalnya diagendakan pada 5 April, balapan dimundurkan ke 22 November, untuk kemudian diubah lagi ke 15 November, setelah muncul keputusan menunda MotoGP Argentina.

Kampung Valentino Rossi kena isolasi menyusul lockdown besar-besaran di Italia karena virus coronaKampung Valentino Rossi kena isolasi menyusul lockdown besar-besaran di Italia karena virus corona Foto: Instagram/@valeyellow46



3. MotoGP Thailand

MotoGP Thailand menjadi salah satu yang pertama memutuskan me-reschedule balapan. Pada awalnya dijadwalkan digelar 22 Maret, race yang musim lalu didatangi penonton paling banyak ini molor ke 4 Oktober.

4. MotoGP Qatar

Sejauh ini MotoGP Qatar menjadi satu-satunya seri yang sudah tertunda. Meski tetap melombakan kelas Moto2 dan Moto3, balapan malam di Sirkuit Losail pada akhir pekan lalu tidak menghadirkan kelas MotoGP.

Formula 1

1. F1 Bahrain

Pihak penyelenggara Formula 1 Bahrain pekan lalu mengumumkan kalau balapan jet darat mereka akan tetap berjalan. Namun demi menghindari penyebaran virus corona, race tidak akan disaksikan oleh penonton.

F1 GP Bahrain mencatat sejarah sebagai balapan F1 pertama yang tak dihadiri penonton langsung



2. F1 China

Menjadi pusat penyebaran virus corona, China memutuskan menunda hajatan F1 di Sirkuit Shanghai. Awalnya dijadwalkan digelar 19 April, hingga kini belum diketahui kapan F1 GP China akan dilangsungkan

3. F1 Australia

Hingga sehari menjelang digelarnya sesi latihan bebas pertama, F1 GP Australia masih yakin balapan bisa digelar. Race dijadwalkan berlangsung akhir pekan ini, Minggu (15/3/2020).

Tapi balapan ini juga mungkin terancam. Diberitakan sebelumnya ada tiga kru dari dua tim berbeda diduga terjangkit corona.

Formula E


1. Formula E China

Dijadwalkan digelar pada 21 Maret, balapan Formula E China diputuskan ditunda.

2. Formula E Italia

Italia menjadi negara dengan jumlah inveksi virus corona terbesar di Eropa. Ini membuat banyak event olahraga di negara tersebut dibatalkan. Termasuk Formula E Roma yang seharusnya dilangsungkan 4 April.

3. Formula E Indonesia

Gubernur Anies Baswedan pada Rabu (11/3/2020) kemarin meminta balapan Formula E Jakarta ditunda. Balapan di sekitar area Monas, sebelumnya dijadwalkan dilangsungkan pada 6 Juni.



4. Formula E Prancis

Prancis ikut memutuskan untuk membatalkan ajang Formula E di Kota Paris. Pada jadwal yang dirilis sebelumnya, balapan ini dihelat pada 18 April.

5. Formula E Korea Selatan

Formula E Korea Selatan sebenarnya baru akan digelar pada Mei mendatang. Namun ledakan penderita corona di negara tersebut membuat event ini akhirnya ikut ditunda.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com