Jakarta Dihapus dari Kalender Formula E 2020

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 11 Mar 2020 12:57 WIB
Kawasan Monas yang akan menjadi lokasi balapan Formula-E.
Jakarta dihapus dari kalender Formula E 2020 Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E ditunda. Jakarta pun dihapus dari kalender balap.

Hal tersebut terlihat dalam situs resmi Formula E, Rabu (10/3/2020). Sebelumnya Jakarta dijadwalkan bakal menjadi tuan rumah E-Prix pada 6 Juni 2020, namun kini hilang dari daftar kalender.

Jakarta menyusul China dan Italia yang hilang dari daftar penyelenggaraan adu jet balap listrik ini. Penghapusan daftar negara ini lantaran wabah corona yang terus berkelanjutan.

Jakarta dihapus dari kalender Formula E 2020Jakarta dihapus dari kalender Formula E 2020 Foto: Tangkapan layar website Formula E

Kompetisi hanya menyisakan 6 seri lagi, yakni Prancis, Korea Selatan, Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris.

"Dengan meningkatnya jumlah kasus COVID-19 di negara-negara di mana Formula E akan diadakan, kami sedang mengevaluasi rencana darurat untuk mengurangi dampak potensial dari virus corona dan berusaha mempertahankan jumlah balapan terbanyak di kalender musim keenam," kata Co-Founder Formula E Alberto Longo dalam pernyataan resminya.

Belum diketahui apakah Jakarta masih menjadi salah satu tuan rumah bagi balapan jet darat listrik ini atau tidak. Orginizing Comitee (OC) Formula E Jakarta terus memantau situasi dan bekerja sama dengan FEO (Formula E Operations) untuk melihat kemungkinan ulang penjadwalan ulang nantinya.

"Setelah berdiskusi insentif dengan FEO dan pemangku kepentingan terkait, kami sampai pada kesepakatan bahwa Jakarta E-Prix ditunda pelaksanaannya dari jadwal semestinya 6 Juni 2020," ujar Chairman OC Jakarta E-Prix, Dwi Wahyu Daryoto dalam keterangan resminya.



Simak Video "Formula E Ditunda, Bagaimana Nasib Commitment Fee Rp 360 M?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)