ADVERTISEMENT

Sisa Tiga Bulan Lagi, Formula E Jakarta Waspada Corona

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 07 Mar 2020 18:50 WIB
BERLIN, GERMANY - MAY 25: In this handout from FIA Formula E -  Alexander Sims (GBR) BMW I Andretti Motorsports, BMW iFE.18 at Tempelhof Airport on May 25, 2019 in Berlin, Germany. (Photo by FIA Formula E/Handout/Getty Images)
Ilustrasi penyelenggaraan Formula E Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Beberapa kegiatan otomotif berskala besar gagal diselenggarakan demi mengurangi penyebaran wabah corona. Indonesia yang sudah ditemukan 4 orang positif Corona masih belum mengambil tindakan preventif seperti negara lain.

Meski belum ada arahan beberapa agenda otomotif yang akan diselenggarakan di Indonesia tetap melakukan pengawasan. Salah satu perhelatan besar yang diselenggarakan Jakarta, Formula E menyatakan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.

"Kami mempercayai penanganan terbaik dilakukan bahu membahu oleh semua pihak. Pemerintah Indonesia menguatkan kebersamaan kita sebagai bangsa, kami ambil bagian di dalamnya," ujar Director of Communication and Sustainability, OC Formula E Jakarta, Felicia Idama melalui siaran pers yang diterima detikcom, Sabtu (7/3/2020).

Berdasarkan pantauan terakhir hingga Jumat (6/3/2020) COVID-19 di seluruh dunia menyentuh angka 98.370 kasus. Setelah Cina, di urutan berikutnya Korea Selatan kemudian Italia. Peningkatan ini signifikan dibanding pantauan tiga hari sebelumnya per Selasa (3/3/2020) yakni di angka 90.428 kasus menurut data yang dirangkum Johns Hopkins CSSE.

Desain Sirkuit Formula E JakartaDesain Sirkuit Formula E Jakarta Foto: ist.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat pekan lalu (29/2/2020) menyatakan risiko COVID-19 sangat tinggi di dunia. Dalam sepekan berjalan, status ini masih pada posisi yang sama dan terus diwaspadai termasuk di Indonesia.

Tidak hanya berdasarkan kondisi Indonesia, Formula E yang akan menarik perhatian mancanegara ini tentu juga akan mengawasi situasi terkini penyebaran virus corona di negara lain. "Kami sangat memerhatikan kondisi ini sehingga menjadi pertimbangan-pertimbangan penting terhadap Jakarta E-Prix," lanjut Felicia.

FEO (Formula E Operations) sebagai pemegang lisensi Formula E di seluruh dunia, dalam diskusi intensif dengan OC di Jakarta menyampaikan pandangan-pandangan global mengingat beberapa negara lain menyelenggarakan kejuaraan yang sama.

"Di dalam negeri, kami memonitor dengan seksama semua kebijakan Pemerintah. Selain itu komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemprov DKI kami tingkatkan hingga level tertinggi," papar Felicia.

OC Formula E Jakarta juga mengapresiasi masukan-masukan dari berbagai pihak. Pendapat dan masukkan tersebut akan diteruskan ke FEO agar dapat mengambil keputusan terbaik.

"Kami sangat menghargai dukungan demi keselamatan bersama. Kami respect pada situasi global, berjuang menghadapi situasi berat. Kita berada di dunia yang sama, kita hadapi bersama. Kepedulian masyarakat luas dan stakeholders yang disampaikan kepada kami dalam bentuk masukan-masukan melalui berbagai medium komunikasi, menjadi pertimbangan kami yang terus dikomunikasikan dengan FEO untuk mengambil langkah terbaik," tambah Felicia.

Sejauh ini, beberapa event Formula E yang dibatalkan akibat wabah COVID-19 adalah Sanya E-Prix di China yang tadinya akan digelar pada 21 Maret 2020 dan Rome E-Prix di Roma, Italia, pada 4 April 2020.



Simak Video " Formula E Jakarta Start Besok, Ini Jadwal Lengkapnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT