Selasa, 03 Mar 2020 06:05 WIB

Gara-gara Corona, Mungkinkah Musim MotoGP 2020 Ditiadakan?

Doni Wahyudi - detikOto
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 11: The MotoGP riders start from the grid during the MotoGP race during the MotoGp of Austria - Race at Red Bull Ring on August 11, 2019 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Bagaimana nasib MotoGP 2020 di tengah mewabaFoto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Untuk kali pertama dalam 30 tahun terakhir, MotoGP gagal menggelar dua balapan pertama yang sudah dijadwalkan. Gegara virus corona, bagaimana nasib MotoGP musim ini>

Hanya sepekan menjelang digelarnya seri pembuka musim di MotoGP Qatar, Dorna memutuskan untuk membatalkan event tersebut. Makin meluasnya penyebaran virus corona di berbagai belahan dunia menjadi penyebabnya.

Salah satu kekhawatiran terbesar pemerintah Qatar adalah masuknya orang-orang asal Italia ke negara mereka. Diketahui, Italia menjadi salah satu negara Eropa dengan jumlah penyebaran virus corona paling besar.



Qatar meminta pendatang dari Italia dikarantina selama 14 hari sebelum masuk negara mereka. Padahal itu tidak memungkinkan. Di sisi lain, banyak pebalap dan kru yang berasal dari Italia.

Hanya beberapa hari setelah pengumuman pembatalan MotoGP Qatar, Pemerintah Thailand mengumumkan penundaan balapan di Sirkuit Buriram. Race yang harusnya digelar 22 Maret itu belum diketahui kapan akan dilangsungkan.

Pembatalan di Qatar dan penundaan di MotoGP Thailand membuat MotoGP AS di Sirkuit Austin akan menjadi seri perdana musim ini. Mundur sebulan dari jadwal, MotoGP baru akan digelar pada 5 April.

Apakah pemerintah Amerika Serikat nantinya akan juga membatalkan balapan MotoGP? Melihat kondisi saat ini, keputusan bisa berubah dari hari ke hari. Namun beberapa pihak menyangsikan Amerika Serikat mau menerima ribuan orang dari berbagai negara jika wabah corona belum juga mereda pada awal April nanti.



Kalau yang dikhawatirkan benar terjadi, balapan MotoGP mungkin akan kembali molor startnya. Kapan akhirnya bisa dimulai? Tak ada yang bisa menjawab.

"MotoGP 2020 pasti akan tetap berjalan. Kami akan coba untuk melanjutkan dengan segala yang kami punya dan tetap waspada dengan situasi karena perubahan terus terjadi dari hari ke hari. Tapi harapan kami adalah tetap melanjutkan semua balapan di musim MotoGP 2020," tegas bos Dorna, Carmelo Ezpelata dikutip dari GPOne.



Simak Video "MotoGP 2020 Diyakini Start di Spanyol Bulan Juli"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com